WAH, TERNYATA ADA IKAN YANG TAK BOLEH DIKONSUMSI IBU HAMIL!

Saat hamil, setiap ibu tentu ingin mengkonsumsi apapun yang bisa membantunya mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta janin. Berbagai jenis makanan sehat dipilih agar janin dan ibu hamil tetap sehat dan bisa tumbuh dengan baik. Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil adalah ikan-ikanan. Namun, jenis ikan yang bisa dikonsumsi pun tidak bisa sembarangan karena harus dipastikan ikan tersebut tidak mengandung merkuri.

Lalu, jenis ikan apakah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil? Lembaga Pengawas Obat dan Makanan AS telah merilis berbagai jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena tingginya kandungan merkuri dalam ikan tersebut. Beberapa jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena tinggi akan merkuri adalah ikan tilefish dari Teluk Meksiko, hiu, swordfish, orange roughy, big eye tuna, marlin, dan juga king mackerel.

Hmm, mungkin ibu hamil kemudian merasa bingung mengenai jenis ikan yang boleh dikonsumsi, padahal ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi 2-3 sajian ikan per minggu. Tenang, masih banyak jenis ikan lainnya yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa ikan rendah merkuri yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan salmon, kod, nila, dan juga udang. Berbagai jenis hidangan laut tersebut aman dikonsumsi karena rendah merkuri dan kaya akan protein.

Nah, bila Anda sedang hamil namun tidak terlalu suka ikan, Anda bisa mencoba berbagai jenis menu dengan bahan dasar ikan agar protein tubuh tetap terpenuhi. Jika Anda tidak suka karena bau amisnya, Anda bisa memasak ikan tersebut dengan menambahkan jeruk nipis atau buah nanas agar tidak tercium bau amisnya. Pastikan juga dengarkan saran dokter mengenai berbagai jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil.


Sumber: Tribunnews.com