AL GHAZALI DIDUGA BISA MENGIDAP STEVENS JOHNSON SYNDROME, APA ITU?

Baru-baru ini Al Ghazali, putra pertama musisi kondang Ahmad Dhani, ditolong oleh warga karena ditemukan pingsan mendadak saat menyetir. Atas kejadian tersebut, Ahmad Dhani memberikan keterangan bahwa putranya memang sedang dalam kondisi tidak sehat karena terkena alergi obat. Bahkan, menurut ayahnya, alergi obat yang diderita Al Ghazali ini dapat berujung pada Stevens Johnson Syndrome (SJS). Mungkin Anda masih awam dengan istilah penyakit tersebut. Penyakit apakah itu?

Steven Johnson Syndrome adalah kelainan langka yang serius dan terjadi pada kulit, membran mukosa, sekitar alat kelamin, dan juga mata. Memang umumnya reaksi tersebut muncul ketika seseorang memiliki alergi terhadap obat maupun infeksi tertentu. Bila seseorang telah terdiagnosa mengidap Steven Johnson Syndrom, ia harus mendapatkan perawatan intensif dan rawat inap di rumah sakit.

Penyakit ini bukanlah penyakit keturunan. Namun, seseorang bisa saja mendapatkan bakat alergi obat tertentu karena orangtua mengidapnya juga. Meskipun demikian, tak perlu khawatir karena SJS bukanlah penyakit kambuhan. Penderita hanya perlu berhenti mengonsumsi obat yang membuat alergi dan segera diberikan obat lain untuk menekan reaksi alerginya. Tak lupa perawatan kulit yang luka juga harus diberikan. Dengan demikian, SJS dapat pulih dengan sempurna.


Sumber: Detik.com