HATI-HATI, TERSERANG 6 PENYAKIT INI DAPAT HILANGKAN PENDENGARANMU!

Kemampuan mendengar memang sebuah anugerah yang bisa saja tidak dimiliki oleh seseorang. Ada banyak faktor yang dapat melatarbelakangi hilangnya kemampuan mendengar atau sering disebut dengan ketulian. Bisa saja karena faktor genetik maupun kecelakaan. Namun, ternyata kemampuan mendengar juga bisa hilang karena penyakit yang diderita. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan mendengar seseorang.

Otosclerosis

Anda mungkin jarang mendengar penyakit yang satu ini. Otosclerosis adalah kondisi ketika tulang telinga bagian dalam tumbuh dengan tidak normal. Tulang tersebut akan mengganggu proses penangkapan suara sehingga menyebabkan berkurangnya kemampuan pendengaran.

Meniere

Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang menyerang telinga bagian dalam. Aliran cairan telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur pendengaran dan keseimbangan pun akan terganggu. Penumpukan cairan itulah yang membuat seseorang menjadi kehilangan pendengaran.

Neuroma Akustik

Neuroma akustik adalah salah satu kondisi yang langka dimana terdapat tumor jinak yang memengaruhi saraf yang menghubungkan telinga dengan otak. Karena pertumbuhannya membutuhkan waktu yang sangat lama, maka banyak orang yang jarang menyadari keberadaan tumor ini. Akibatnya, kemampuan pendengaran pun menghilang seiring dengan bertumbuhnya tumor tersebut.

Campak Jerman

Kini penyakit yang disebabkan virus rubella ini kembali menyerang sebagian besar masyarakat Indonesia dan dunia. Campak Jerman akan menyerang janin saat sedang berkembang sehingga menyebabkan berbagai kelainan saat lahir, salah satunya adalah tuli. Penting bagi ibu hamil untuk memperoleh vaksin agar tidak terserang penyakit ini.

Presbikusis

Bila Meniere menyerang telinga bagian dalam, penyakit Presbikusis menyerang telinga bagian tengah juga. Penyakit ini menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural karena mengubah pasokan aliran darah ke telinga. Akibatnya, pendengaran pun menurun sekitar 30 hingga 45% tergantung usia penderitanya.

Gondongan

Mungkin Anda sering melihat seseorang menderita penyakit yang satu ini. Biasanya, penyakit gondongan menyerang anak-anak. Penyakit ini dapat dilihat dari meradangnya kelenjar ludah hingga pipi atau rahang membengkak. Gondong disebabkan oleh virus yang apabila tidak ditangani dapat merusak koklea di dalam telinga. Sebagai akibatnya, pendengaran dapat terganggu hingga ketulian.

 


Sumber: Hellosehat.com