SEPERTI MANTAN, WASPADAI SEL KANKER YANG TIDAK BENAR-BENAR PERGI!

Meskipun sudah dinyatakan sembuh dari penyakitnya, pasien kanker harus tetap berhati-hati karena kanker bisa muncul lagi sewaktu-waktu. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kanker kembali lagi.

Pasca Operasi

Yang pertama, kanker yang muncul kembali pasca operasi. Hal ini dapat terjadi bila masih ada sel kanker kecil yang tertinggal dalam tubuh atau terlanjur menyebar ke bagian tubuh lainnya sebelum operasi. Tentunya hal ini wajib diwaspadai karena akan memerlukan penanganan lanjut lainnya sehingga sel kanker dapat benar-benar terangkat.

Setelah Menjalani Pengobatan

Kedua, kanker yang muncul lagi setelah menjalani pengobatan. Pasien kanker tentu menjalani kemoterapi untuk menyerang sel kanker agar tidak berkembang. Pengobatan ini sebenarnya memiliki kelemahan karena tidak semua sel kanker bisa dipisahkan pada waktu yang bersamaan sehingga ada kemungkinan tumbuh lagi meskipun sedang menjalani pengobatan.

Resisten Terhadap Pengobatan

Terakhir adalah faktor gaya hidup. Setelah dinyatakan sembuh, banyak pasien kanker yang tidak memperhatikan gaya hidupnya, baik dari pola makanan maupun jam tidur. Bila gaya hidup buruk, bukan tidak mungkin bila sel kanker dapat berkembang lagi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai asupan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, serat dan omega 3. Sebaiknya, hindari gluten dan laktosa agar sel kanker tidak berkembang.