MINUM ORALIT SAAT SAHUR BISA BIKIN KENYANG SEHARIAN, MITOS ATAU FAKTA?

Belakangan ini di media sosial ramai diperbincangkan jika minum oralit saat sahur bisa membuat tahan puasa seharian. Namun, apakah oralit aman untuk dikonsumsi setiap hari?

Oralit merupakan obat untuk menggantikan elektrolit tubuh dan cairan yang hilang akibat diare. 

Oralit merupakan air dengan kandungan gula dan garam elektrolit. Dengan adanya kandungan elektrolit ini, pengosongan lambung akan lebih lama dan membuat seseorang tidak cepat lapar.

Lalu, apakah oralit aman untuk diminum setiap hari?

Sebenarnya, mengkonsumsi oralit dalam jumlah tidak berlebihan atau sesuai dengan dosis kemasan masih aman bagi kesehatan. Namun apabila dikonsumsi berlebihan padahal tubuh tidak kekurangan elektrolit atau tidak mengalami dehidrasi selama puasa malah bisa berbahaya.

Hal ini bisa menyebabkan kadar elektrolit dalam tubuh menjadi lebih tinggi dari ambang normal. Kelebihan elektrolit dapat memicu efek samping mual dan muntah ringan. 

Agar lebih kuat berpuasa seharian, sebenarnya Anda tidak perlu minum oralit setiap hari asalkan kebutuhan nutrisi terpenuhi. Beberapa makanan seperti susu, ikan, ayam, dan telur dapat membuat kenyang lebih lama saat berpuasa. 

Selalu penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda ya Sobat Sehat dan jangan lupa minum vitamin. Berbagai produk vitamin yang Anda butuhkan bisa didapatkan di Apotek K-24 & K24Klik. Lengkap 24 jam!

 

Source: Dikutip dari berbagai sumber