PAKAI BODY LOTION BIKIN RAMBUT DI TANGAN DAN KAKI JADI LEBAT, BENARKAH?

Salah satu produk perawatan kulit yang populer adalah body lotion yang berfungsi untuk melembabkan juga menjaga kulit agar tidak kusam dan kering. Meski begitu, tidak sedikit yang menganggap jika body lotion memiliki efek samping yang bisa menumbuhkan bulu di tangan dan kaki. Apakah ini mitos, atau fakta?

Body lotion merupakan sebuah produk yang bisa melembabkan kulit karena kandungan minyak yang ada di dalamnya dapat menarik air ke permukaan kulit. Saat dioleskan, minyak dalam body lotion akan berinteraksi dengan protein khusus yang dapat membuat kulit terasa halus.

Tidak hanya itu, body lotion pun mengandung zat oklusif yang bekerja untuk membentuk lapisan pelindung yang bisa mencegah hilangnya air dari kulit. Semakin sering digunakan, zat oklusif pada body lotion tentunya akan semakin menjaga kelembapan kulit.

Body lotion pun dilengkapi dengan humektan dan emolien. Humektan merupakan zat yang menarik air menuju kulit, sedangkan emolien merupakan zat yang berfungsi memperbaiki permukaan kulit yang kering, kasar, bahkan rentan akan iritasi.

Mungkin tidak sedikit diantara Sobat Sehat yang pernah mendengar jika body lotion bisa mempercepat pertumbuhan rambut di tangan dan kaki. Ternyata, hal ini tidak benar alias hanya mitos semata. Pertumbuhan rambut tersebut tidak ada hubungannya dengan penggunaan body lotion.

Body lotion merupakan produk yang terdiri dari pelembap, minyak, air, parfum, pengental, pengawet, dan pengemulsi. Bahan-bahan ini tidak mempengaruhi ataupun mempercepat tumbuhnya rambut pada tangan dan kaki.

Jadi, dapat disimpulkan jika body lotion tidak menumbuhkan bulu tangan dan kaki. Pertumbuhan bulu tangan dan kaki yang lebat dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya seperti bawaan gen dari orangtua yang memiliki bulu badan lebat, hormon androgen yang dominan, atau penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mengganggu keseimbangan hormon sehingga bisa memicu pertumbuhan bulu tangan dan kaki.

Jadi Sobat Sehat tidak perlu cemas akan mit os jika body lotion dapat menumbuhkan bulu tangan dan kaki. Selama tidak ada iritasi ataupun reaksi alergi, body lotion merupakan produk yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Source :

Hellosehat.com