SAKIT KEPALA SEBELAH KIRI? JANGAN DIABAIKAN!

Sakit kepala dapat terjadi karena berbagai hal. Sakit kepala pun ada beragam jenisnya, salah satunya yang paling sering menyerang adalah sakit kepala di sebelah kiri.

Sakit kepala sebelah kiri memang biasanya dapat pulih dalam beberapa waktu dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika rasa sakit tersebut semakin intens dan tidak segera hilang, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Saat sakit kepala sebelah menyerang, tentunya aktivitas sehari-hari akan terganggu. Untuk bisa menanganinya dengan tepat, penyebabnya pun harus diketahui agar dapat diatasi dengan pas.

Biasanya, sakit kepala sebelah kiri dapat disebabkan karena berbagai faktor. Misalnya seperti faktor gaya hidup yang tidak sehat, yaitu meminum alkohol, menunda makan, kurang tidur, hingga stress. Makanan tertentu seperti makanan yang mengandung bahan pengawet, kacang-kacangan, ataupun daging olahan pun dapat memicu sakit kepala sebelah, meskipun hal ini tidak dialami oleh semua orang.

Selain itu, ada pula beberapa kondisi lain yang memicu sakit kepala sebelah kiri yang harus Anda waspadai.

Adanya Infeksi dan Alergi

Infeksi saluran pernapasan seperti flu biasanya disertai dengan demam berserta sakit kepala. Begitu pula dengan reaksi alergi yang dapat menyebabkan penyempitan pada saluran napas juga rongga sinus, sehingga sering menyebabkan sakit kepala.

Trigeminal Neuralgia

Saraf trigeminus berfungsi untuk menghantarkan sensasi atau rangsang dari area wajah menuju otak. Gangguan saraf ini umumnya ditandai dengan rasa sakit pada salah satu sisi wajah yang dapat memicu sakit kepala sebelah kiri.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi memang tidak memiliki gejala fisik yang khas, namun hal ini juga dapat memicu timbulnya sensasi tegang pada leher hingga sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kiri.

Gegar Otak

Biasanya gegar otak disebabkan karena terjadinya benturan atau pukulan keras sehingga mengakibatkan munculnya cedera otak. Hal ini pun dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala sebelah kiri.

Tumor Otak

Penyakit ini merupakan kondisi adanya pertumbuhan sel abnormal di otak. Tumor dapat menyebabkan sakit kepala yang intens, muncul mendadak dan berulang yang disertai dengan gejala lain misalnya seperti kehilangan penglihatan, kesulitan berjalan, dan kejang.

Stroke

Sakit kepala secara mendadak dan parah dapat menjadi pertanda adanya serangan stroke. Karenanya, perlu diwaspadai jika Anda mengalami sakit kepala hebat yang mendadak dan sebaiknya  segera konsultasikan dengan dokter. Terutama jika disertai dengan kelemahan pada salah satu sisi tubuh.

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri, Anda bisa melakukan pengobatan secara darurat di rumah. Misalnya seperti mengompres dengan air hangat atau dingin pada kepala yang terasa sakit, berendam dengan air hangat, dan beristirahat. Namun akan lebih baik jika memeriksakan diri pada dokter, karena perawatan di rumah hanya akan meringankan rasa sakit dan bukan menangani langsung penyebab sakit kepala.

Source: