BEGINI CARA ISTIRAHATKAN MATA KALAU KAMU SERING MARATHON NONTON

Nonton adalah candu. Siapa sih yang saat ini lagi kecanduan marathon nonton series atau film di Netflix? Menurut survey yang dilakukan oleh Netflix, rata-rata sebanyak 61 persen penggunanya menonton 2 hingga 6 episode serial dalam sekali duduk. Apakah Anda salah satunya?

Kenikmatan dari marathon Netflix memang tidak bisa dihindari. Secara psikologis pun hal tersebut mampu memberikan efek relaksasi, tak heran kegiatan ini memicu kita untuk melakukannya lagi dan lagi.

Namun, kebiasaan nonton dengan waktu yang cukup lama ini ternyata memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan, terutama mata. Menurut data dari Journal of Clinical Sleep Medicine, kebiasaan menonton dengan waktu yang cukup lama ini tidak hanya mengganggu pola tidur saja, tapi juga dapat mengganggu kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata juga perlu lho. Simak beberapa tips berikut agar bisa tetap nonton tanpa putus dan kesehatan mata tetap terjaga.

Beri Jeda

Jangan lupa untuk melakukan jeda sebentar saat menonton, setidaknya selama 10-15 menit untuk mengistirahatkan mata. Entah memejamkannya sebentar atau meninggalkan tontonan sambil melakukan aktivitas lain, manfaatkan tombol pause untuk menghentikan tontonan saat dirasa perlu.

Lakukan Teknik 20-20-20

Mata bisa menjadi kering, lelah, dan menjadi lebih sering berkedip karena pancaran sinar gadget. Layar ponsel, tablet, ataupun laptop ini memancarkan sinar yang disebut high energy visible atau blue light yang dapat menimbulkan kerusakan pada retina.

Karenanya, sangat disarankan untuk melakukan teknik 20-20-20, yakni setiap 20 menit menonton, padangilah sejauh 20 meter ke depan selama 20 detik. Hal ini akan membantu memulihkan mata yang tegang karena terlalu lama menatap layar.

Sebaiknya Tidak Menonton dalam Gelap

Menonton dalam posisi tiduran sambil memegang gadget dalam susasana gelap serasa memiliki bioskop pribadi. Namun ternyata hal ini dapat menyebabkan sakit kepala dan mata menjadi tegang. Meskipun tidak membuat kerusakan mata secara permanen, namun hal ini sebaiknya tidak sering dilakukan. Segera istirahatkan mata daengan cara memejamkannya atau menempelkan irisan timun dingin untuk kembali menyegarkannya.

Tidur Cukup

Selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, tidur dengan cukup pun baik bagi kesehatan mata. Saat kurang tidur, tidak hanya badan saja yang terasa lemah namun mata pun menjadi sayu, kering, dan pedih juga lelah. Karenanya, tidur yang cukup akan membantu merehatkan mata sejenak setelah dipaksa untuk seharian menonton.

Tetap Terhidrasi dengan Minum Air Secukupnya

Salah satu kunci tubuh yang sehat adalah mencukupi kebutuhan tubuh dengan air. Kesehatan mata pun tetap akan terjaga dengan hal ini. Karenanya, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air. Minumlah air bersuhu ruangan dan kurangi konsumsi soda ataupun alkohol.

Mempunyai hobi marathon nonton memang tidak ada salahnya, tapi jangan sampai mengorbankan kesehatan mata demi hal ini ya, Sobat Sehat!

Source:

Halodoc.com