PERMASALAHAN KESEHATAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

maaf bu saya mau tanya saya ketika buang air kecil suka ada air urin yang ketinggalan atau diakhir suka tersendat-sendat kira-kira itu penyakit bukan...terus saya harus minum obat apa? terimakasih atas solusinya

Jawaban tentang "permasalahan kesehatan"

Dear Sdr. Usep,



Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.



Urine adalah cairan sisa metabolisme tubuh yang diekskresikan oleh ginjal yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh. Urine terdiri dari bahan terlarut sisa metabolisme tubuh seperti urea, garam terlarut dan bahan organik lainnya yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Cairan sisa metabolisme tubuh ini sebaiknya segera dikeluarkan dan tidak dibiarkan menumpuk di kandung kemih karena bisa menimbulkan infeksi di kandung kemih.



Saat seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melar atau meregang. Hal ini akan membuat pompa di kandung kemih tidak bisa berfungsi dengan baik saat buang air kecil. Sehingga, tak jarang banyak orang yang baru selesai buang air kecil, tak lama kemudian sudah timbul rasa ingin buang air kecil lagi atau lebih dikenal dengan istilah “anyang-anyangan”.



Sering mengalami buang air kecil yang tidak tuntas dapat merupakan salah satu gejala dari infeksi saluran kemih (ISK). Akan tetapi, ISK biasanya diikuti oleh gejala lain seperti nyeri dan terasa panas ketika berkemih, air seni keruh, nyeri perut bawah, dan kadang disertai dengan demam.



Selain merasakan buang air kecil yang tersendat-sendat, apakah anda juga merasakan gejala ISK di atas?




Untuk memastikan keluhan yang anda alami, sebaiknya anda melakukan pengecekan urin dan berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan terapi pengobatan yang tepat.



Selain itu, untuk membantu proses penyembuhannya, berikut tips yang dapat anda lakukan : jangan menahan BAK, selalu menjaga kebersihan daerah kemaluan terutama setiap selesai BAK dan BAB, hindari gonta-ganti pasangan dalam berhubungan seksual, dan banyak minum air putih (minimal 2 L perhari)


Terima kasih, semoga bermanfaat.


Produk terkait :



Urinter , Nephrolit , Ciproxin
 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR