SAKIT PERUT

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Saya mengalami diare 3 hari ini, sudah mengkonsumsi entrostop dan tolak angin masih tidak mempan, bagaimana penanganan obatnya?

Jawaban tentang "Sakit perut"

Salam sehat Bp. Lamberto


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair. Diare umumnya terjadi akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit.


Sebagian besar diare disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di usus besar yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Namun, diare yang berlangsung lama dapat terjadi akibat peradangan di saluran pencernaan, misalnya penyakit Crohn atau kolitis ulseratif. 


Pengobatan utama diare adalah untuk mencegah dehidrasi. Penderita dapat meminum oralit, sup encer, dan air putih, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare.


Selain itu, konsumsi makanan lunak dan tidak pedas, suplemen probiotik (seperti Synbio atau Protexin, dan obat antidiare (Seperti New Diatabs atau Imodium) yang bisa didapatkan di apotek, juga disarankan untuk mempercepat pemulihan diare. 

 

Bila setelah melakukan berbagai hal diatas dan masih diare atau muncul gejala yang lain, segera periksakan ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.      

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR