KONSULTASI OBAT CEGUKAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Selamat malam saya mengalami cegukan terus menerus dan berkepanjangan hampir setiap hari.adakah obat yang bisa diresepkan untuk mengurangi cegukan saya.terima kasih

Jawaban tentang "Konsultasi obat cegukan"

Salam sehat Bp. Edi,

Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.

Cegukan adalah kondisi yang terjadi karena adanya kontraksi diafragma (otot yang memisahkan dada dari perut dan berperan penting dalam sistem pernapasan) yang tak disengaja.

Cegukan pertanda apa? Perlu diketahui bawah cegukan episodik umumnya berlangsung selama kurang dari 48 jam, namun apabila Anda terus mengalaminya lebih dari itu, maka bisa jadi pertanda kondisi serius, seperti:

  • Iritasi atau kerusakan saraf
  • Gangguan sistem saraf pusat
  • Gangguan metabolisme dan obat-obatan 

Cara Mengatasi Cegukan Terus-menerus

1. Tahan Napas Secara Singkat
2. Tarik Napas dengan Kantong Kertas
3. Menggigit Jeruk Nipis
4. Minum Air Hangat
5. Minum Air dengan Sedotan
6. Menjulurkan Lidah
7. Posisi Duduk Memeluk Lutut
8. Menekan Diafragma
9. Makan Madu dan Gula 

Jika cegukan berlangsung lebih dari 2 hari atau sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, silahkan periksakan ke dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Ada beberapa obat yang fungsinya berbeda, bergantung gangguan mana yang menyebabkan cegukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.    

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR