BENJOLAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Bapak/ibu,,saya mengalami benjolan dibagian bawah kelopak mata luar saya,,mata sebelah kiri... Ini membuat saya demam,,dan mata saya perih.. Yg saya baca dri google mungkin bintitan,,apa bintitan bisa membuat saya demam..?? Dan bagai mana cara saya mengobatinya..?? Terima kasih

Jawaban tentang "Benjolan"

Salam sehat Sdri. Waode,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker. Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Bintitan atau dalam istilah medis disebut sebagai hordeolum ditandai dengan munculnya benjolan mirip jerawat atau bisul kecil di tepi kelopak mata. Umumnya muncul pada kelopak mata bagian luar, namun tidak menutup kemungkinan muncul di kelopak mata bagian dalam.


Gejala bintitan ditandai dengan mata berair, meta atau kelopak mata memerah, dan kelopak mata membengkak yang disertai rasa nyeri. Keluhan mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.


Umumnya keluhan akan membaik setelah pecah dan mengeluarkan nanah. Namun, pada kondisi bintitan yang tidak kunjung sembuh dalam waktu lama (umumnya 7 hingga 20 hari) dan menyebar pada bagian mata yang lain, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Untuk membantu mengurangi gejala bintitan, berikut tindakan yang dapat Anda lakukan:
1. Menjaga kebersihan area mata, sebaiknya tidak menyentuh mata dengan tangan kotor.
2. Kompres mata yang mengalami bintitan dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit.
3. Hindari menggunakan lensa kontak selama bintitan belum sembuh.
4. Jika bintitan terasa nyeri, Anda bisa mengkonsumsi antinyeri atau analgetik yang dapat dibeli tanpa resep di apotek online K24Klik (konsultasikan jenis obat anti nyeri yang tepat dengan Health Consultant kami melalui live chat yang tersedia pada website K24Klik).
5. Hindari penggunaan kosmetik pada area mata.

============================================================================================

Panggil Dokter ke rumah dengan Aplikasi Medi-Call yang dapat di-download di App Store /Google Play Store

Obat yang diresepkan untuk Sobat Sehat dapat dibeli di Apotek Online K24Klik yang bisa didownload di App Store/Google Play Store


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.  
 
 



 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR