OBAT YANG COCOK TUK LUAR DAN DALAM PASCA OPERASI AMPUTASI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Dear Bapak/Ibu
Saya mao tanya ini obat tuk luka luar dan dalam yang cocok dan aman tampa efek samping, Bekas luka operasi amputasi lukanya belom kering-kering.

Jawaban tentang "obat yang cocok tuk luar dan dalam pasca operasi amputasi"

Salam sehat Bp. Adhi,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Amputasi adalah operasi pemotongan seluruh atau sebagian dari anggota tubuh yang disebabkan salah satunya oleh sirkulasi darah yang buruk akibat kerusakan atau penyempitan pembuluh darah. Tanpa aliran darah yang cukup, sel-sel tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dan nutrisi, sehingga banyak jaringan tubuh yang mati.


Prosedurnya dapat bervariasi, ada amputasi yang dilakukan di bawah anestesi umum (pasien dibuat tidak sadar), ada juga yang dilakukan dengan anestesi spinal (membuat anggota tubuh tertentu menjadi mati rasa. Sedangkan, untuk pemulihan luka bekas amputasi itu sendiri, tergantung pada jenis prosedur dan anestesi yang dilakukan, ada tidaknya infeksi pada luka, serta penyakit atau komplikasi yang diderita pasien (misalnya diabetes atau pengerasan pembuluh darah).


Dokter bedah dapat memilih untuk menutup luka secara langsung dengan menjahit penutup kulit (amputasi tertutup) atau juga bisa meninggalkan luka secara terbuka selama beberapa hari karena dalam kasus tertentu ada kebutuhan untuk mengeluarkan jaringan tambahan. Apabila pasien memiliki masalah dengan rasa nyeri pada anggota badan yang diamputasi, biasanya dokter akan meresepkan obat untuk meringankan rasa sakit. Di samping itu, dokter pun dapat meresepkan antibiotik oral ataupun salep untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses pemulihan. Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat tertentu, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani operasi. Agar dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat sesuai dengan keluhan dan kondisi kesehatan ibu Anda.


Selain itu, perawatan luka yang baik juga harus diperhatikan untuk mempercepat proses penyembuhan dan pengeringan luka. Caranya, jagalah selalu kebersihan luka bekas amputasi agar tidak mengalami infeksi, rajinlah mengganti perban penutup luka sesuai anjuran dokter dan perawat di rumah sakit, batasi diri untuk tidak melakukan yang terlalu berat, dan jangan lupa perhatikan asupan nutrisi yang seimbang dengan men-cukupi kebutuhan asupan kaya protein, vitamin A, dan vitamin C dengan baik.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih

 

Produk terkait : 

Nebacetin oint   , Nebacetin PowderBetadine oint , Hypafix 5 cm X 5 m , Verban Indosan , Kasa Steril DRC 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR