PENGGUNAAN OBAT DM METFORMIN YG BENAR

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Bagaimana cara konsumsi metformin yg benar

Jawaban tentang "Penggunaan obat DM metformin yg benar"

Salam sehat Ibu Ana,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Metformin adalah obat untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kadar gula darah yang tidak stabil bisa menyebabkan komplikasi, sehingga perlu dijaga kadarnya tetap normal.


Metformin tersedia dalam bentuk tablet biasa dan tablet lepas lambat. Dosis metformin yang diberikan dokter tergantung pada jenis tablet, serta kondisi dan respons pasien terhadap obat.


Secara umum berikut dosis metformin yang dianjurkan, namun dalam kondisi tertentu dokter bisa mengatur sesuai kondisi pasien.


Dewasa


Kondisi: Diabetes mellitus tipe 2

Tablet biasa

Dosis awal 500–850 mg, 1–3 kali sehari, dapat ditingkatkan secara bertahap. Dosis maksimal 2.550–3.000 mg per hari, dibagi dalam 3 kali minum.

Tablet lepas lambat

Dosis awal 500–1.000 mg 1 kali sehari, dapat ditingkatkan secara bertahap. Dosis maksimal 1.500–2.000 mg per hari.


Kondisi: Pre-diabetes, obesitas

Tablet lepas lambat

Dosis awal 500 mg 1 kali sehari, dapat ditingkatkan secara bertahap. Dosis maksimal 1.500–2.000 mg per hari.


Selain untuk penderita diabetes, berikut bila digunakan untuk kondisi PCOS

Kondisi: PCOS

Tablet biasa

Dosis awal 500 mg 1 kali sehari, dapat ditingkatkan secara bertahap. Dosis harian umumnya adalah 500 mg 3 kali sehari atau 850 mg 2 kali sehari. 


Aturan diatas yang lazim digunakan, konsultasikan ke dokter Ibu untuk mendapatkan terapi yang paling sesuai dengan kebutuhan Ibu.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR