GULA DARAH ATAU DIABETES MELITUS

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

ayah sy sprtinya kna penyakit gula darah, krn luka di kakinya tidk smbuh2, malah semakin membesar, mnta tolng solusinya???

Jawaban tentang "Gula darah atau Diabetes Melitus"

 

Dear Bp. Ibnu,

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker di Apotek K-24 dan yang kami sampaikan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.

 

Diabetes atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Diabetes terdiri dari 2 tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1, biasanya disebabkan karena faktor keturunan. Sedangkan diabetes tipe 2 atau yang disebut juga diabetes life style, bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat, kegemukan, dan kurang berolah raga.

Ada banyak gejala yang menjadi indikasi penyakit diabetes, antara lain : berat badan menurun drastis tanpa sebab yang jelas, poliuria (sering buang air kecil), sering merasa haus karena poliuria, gangguan penglihatan, polifagia (sering merasa lapar), mudah lelah, luka sukar sembuh, perubahan warna kulit, sering mengalami infeksi saluran kemih, dan sering kesemutan.

Apakah selain luka yang sukar sembuh ayah anda juga mengalami gejala lain seperti yang telah kami uraikan? Dan apakah ayah anda pernah melakukan pengecekan kadar gula darah?

Penting bagi ayah anda,untuk melakukan cek laboratorium guna memastikan tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. Karena, mengenali penyakit diabetes sejak dini memberikan suatu kesempatan untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Apabila kadar gula darah ayah anda memang tinggi, sebaiknya ajak ayah anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selanjutnya, untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sarankan kepada ayah anda untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan, olahraga teratur, dan makan makanan sehat yang rendah kalori dan lemak.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Produk terkait : Kenis , Diabetasol , Tropicana Slim Diabetics , Accu Check Act Meter

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR