OBAT BATUK PILEK UNTUK ANAK DI BAWAH 1 TAHUN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Mohon info untuk obat batuk dan pilek serta dosisnya untuk anak usia 5 bulan

Jawaban tentang "Obat Batuk Pilek untuk Anak di Bawah 1 tahun"

Salam sehat Ibu Dwi,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Batuk-pilek pada bayi, pada umumnya bisa disebabkan karena infeksi virus ataupun karena alergi. Batuk-pilek pada bayi yang disebabkan karena infeksi virus, akan sembuh dengan sendirinya (self limiting disease).  Proses ini umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak anda akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Selain karena infeksi virus, batuk-pilek pada bayi juga dapat disebabkan karena alergi.

 

Untuk mencegah agar buah hati anda tidak sering mengalami batuk-pilek, maka sering -seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, jaga kebersihan di rumah (hal ini harus diperhatikan terutama bila anak memiliki alergi terhadap debu), jagalah lingkungan agar tetap lembab, dan jangan sering menggunakan ruangan ber-AC (kering).

 

Hal yang paling dibutuhkan untuk meringankan batuk-pilek pada bayi adalah cairan untuk membantu mengencerkan dahak. Berikanlah ASI untuk anak anda, karena selain dapat memenuhi kebutuhan cairan, konsumsi ASI juga membantu menjaga kekebalan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Selain itu, anda dapat memberikan produk obat gosok atau dekongestan nasal untuk anak yang dapat membantu melegakan pernafasan seperti Transpulmin BB atau Purekids.


Untuk obat batuk pilek yang dapat dikonsumsi oleh anak usia 5 bulan, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak. Agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat diberikan dosis pengobatan yang tepat.


Terima kasih, semoga bermanfaat.

Produk terkait :


Transpulmin BB cr 10G , Pure Kids 10ML

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR