DIARE ANAK

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Klo obat diare imodium buat ank umur 7thn,dosis y bgmn/brp?trmaksh ya...dokter

Jawaban tentang "Diare Anak"

Dear Bp. Dudie,

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker di Apotek K-24 dan yang kami sampaikan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.

Diare merupakan suatu kondisi dimana terjadi peningkatan frekuensi BAB menjadi lebih dari 3 x dalam sehari dengan kosistensi BAB menjadi cair. Diare dapat sebabkan oleh banyak hal, antara lain : infeksi virus, bakteri, karena efek samping obat-obatan tertentu, intoleransi laktosa, dan alergi susu atau makanan tertentu.


Karena penyebab diare bisa bermacam-macam maka sebaiknya diketahui terlebih dahulu penyebab diare pada anak sebelum diberikan obat. Pada anak kasus diare yang disebabkan oleh virus terutama rotavirus, penanganannya adalah dengan pemberian obat-obat simptomatis seperti penurun panas dan obat diare khusus untuk anak-anak. Namun apabila memang terbukti diare disebabkan oleh bakteri atau parasit lainnya maka diperlukan pemberian antibiotik dalam pengobatannya.

Selain itu, jika diare berlangsung terus menerus selama 1-2 hari, anak akan beresiko mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, perlu diberikan cairan pengganti atau oralit untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Imodium tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak di bawah usia 12 tahun. Untuk pengobatan diare pada anak anda, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak, agar dapat diketahui penyebab diare yang terjadi dan dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Produk terkait :

L-bio sachet , Zink Pro sirup , Lacto-B Sachet , Protexin Infant , Bioralit

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR