CONTOH IDE BISNIS SEDERHANA SEBAGAI AWAL BISNIS BESAR

Salah satu contoh adalah kesuksesan Dr Gideon Hartono pendiri Apotek K24, pada awalnya beliau memiliki ide bisnis sederhana yaitu membuka apotek yang beroperasi 24 jam nonstop agar masyarakat dapat memperoleh obat yang diperlukan kapan saja mereka butuhkan dengan harga yang sama baik siang maupun malam. Sistem bisnis  Apotek K24 yang diciptakannya terbukti mampu menjadi bisnis besar yang membawa perubahan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pembelian obat lewat apotek, dan saat ini berkembang sangat cepat di berbagai daerah di Indonesia.

Jerry Baldwin, Zev Siegl dan Gordon Bowker membuka sebuah kedai kopi  kecil yang bernama Starbucks di Seattle, Washington pada tahun 1971, berawal dariide bisnis sederhana, mereka memiliki keinginan untuk meminum kopi segar. Kala itu kedai kopi belum seperti saat ini karena orang-orang biasanya meminum kopi di rumah masing-masing. Namun sekarang starbucks telah menjadi bisnis  yang besar karena memiliki 15.012 kedai kopi yang tersebar di 44 negara.

Anda tahu  Liquid Paper, produk ini bermula dari kebingungan sang penemunya, Bette Graham. Dalam pekerjaannya sebagai sekretaris ia seringkali menjadi stres karena pekerjaan mengetik. Dia begitu terbeban ketika harus membuat ketikan yang rapi dan bersih, sementara ketikannya sering salah.

Suatu waktu tanpa sengaja dia melihat seorang tukang cat sedang mengecat.Tanpa sengaja tukang cat itu mengotori hasil kerjanya. Untuk membersihkannya, tukang cat kemudian menutup noda itu dengan cat putih.

Dari situ, Graham mendapatkan ide untuk melakukan hal yang sama. Dia mencoba menggunakan cat tempera putih dengan bahan dasar air dan kuas tipis untuk menutup kesalahan ketiknya. Ternyata berhasil. Pada tahun 1957 ketika teman-temannya mengetahui hal ini, Graham mulai mengomersialkan, hingga akhirnya ia mampu menjual sekitar 100 botol per bulan. 15 tahun kemudian, perusahaan yang didirikan berhasil menjual sedikitnya lima juta botol per tahun.

Kejarlah Ilmu

Perbesarlah diri Anda sebelum Anda betul-betul memiliki segala kebesaran.Bagaimana agar jiwa Anda besar?Jangan kejar uang tapi kejarlah ilmu dan pengalaman. Dengan semakin anda mengejar ilmu,  semakin kayalah anda. Semakin anda mengejar harta, semakin miskinlah anda.Sesungguhnya harta ada dibalik ilmu.

Bagaimana supaya dapat ilmu dan pengalaman? Caranya, anda harus menghapus  kata “menyerah” dalam kamus diri Anda. Ketika Anda jatuh, segera bangkit.jatuh lagi, bangkit lagi. Dan seterusnya hingga Anda semakin kuat.

Bahwa sukses besar bisa terjadi pada siapa saja dan dengan cara apa saja. Yaitu dengan ide bisnis sederhana yang  didukung ketekunan dan keberanian dalam menghadapi risiko.

Henry Ford seorang multi kaya pemilik pabrik mobil Ford pernah bilang, silakan Anda ambil seluruh harta saya. Dalam jangka 5 tahun saya akan dapatkan lagi harta itu seperti semula dengan ilmu,  pengalaman saya dan ide bisnis.

http://www.mercylotus.com/motivasi/ide-bisnis-sederhana-awal-bisnis-besar