APOTEK K-24 RAIH TIGA PENGHARGAAN INDONESIA FRANCHISE MARKETING AWARD (IFMA) 2015

Sabtu (30/05) Apotek K-24 menerima penghargaan Indonesia Franchise Marketing Award (IFMA) 2015 yang diadakan oleh Majalah Franchise Indonesia bersama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan You Brand Consulting. Tak tanggung-tanggung, tiga kategori penghargaan disabet sekaligus oleh Apotek K-24 yaitu sebagai The Best Corporate Social Responsibility (CSR) Programs, The Best Website Concept, dan The Best Word of Mouth Marketing.


Bertempat di Nuri 1 & 2 room Jakarta Convention Centre (JCC) dan bertepatan dengan event International Franchise Conference 2015, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pemimpin Umum Majalah Franchise Indonesia, Rofian Akbar dan ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar kepada M. Burhan Bariton (Marketing Manager PT K-24 Indonesia). 


IFMA 2015 ini adalah yang pertama kalinya diadakan oleh Majalah Franchise Indonesia dan AFI, dan selanjutnya acara penganugerahan IFMA akan diadakan setiap tahun. Untuk menentukan perusahaan waralaba nasional yang berhak menerima penghargaan IFMA 2015, dilakukan tiga tahap seleksi oleh panitia yang kompeten dan ahli di bidang branding, marketing, service, dan franchise, yang terdiri dari tim redaksi Majalah Franchise, konsultan brand, konsultan marketing, serta AFI. Tahapan seleksi tersebut terdiri dari pengisian kuesioner, verifikasi data, serta penilaian akhir / analisa komprehensif.


Pada tahap awal, perusahaan diberikan kuesioner yang berisi beberapa pertanyaan terkait Integrated Marketing Communication Campagne yang dilakukan satu tahun terakhir. Pengembalian jawaban kuesioner wajib disertai dengan bukti data pendukung sebagai bahan verifikasi.


Tahap kedua, panitia melakukan penilaian awal berdasarkan kuesioner dan memverifikasi data-data pendukung. Dari hasil penilaian tahap kedua ini, kemudian dianalisa secara komprehensif untuk menentukan perusahaan-perusahaan waralaba mana saja yang telah melakukan strategi pemasaran (marketing strategy) yang inovatif dan kreatif.


Di era persaingan bisnis yang sangat ketat seperti sekarang ini, peran marketing tidak hanya sekedar menjual produk atau jasa saja. Namun, lebih dari itu marketing memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis melalui marketing strategy yang dilakukan. Tanpa adanya sebuah strategi dan upaya pemasaran yang baik, maka pasar tidak akan mengetahui produk yang dibuat atau layanan jasa yang disediakan oleh perusahaan. Angka penjualan pun akan sulit meningkat.


Diraihnya tiga penghargaan Indonesia Franchise Marketing Award (IFMA) 2015 sekaligus oleh Apotek K-24 merupakan sebuah prestasi membanggakan bagi PT K-24 Indonesia secara umum, dan secara khusus bagi tim marketing PT K-24 Indonesia. Prestasi ini diraih bukan tanpa upaya keras untuk memberikan serta mendukung konsep 5 Jaminan Pasti Apotek K-24 yaitu Komplit 24 Jam, Pagi Siang Malam Libur Harga Sama, Hanya Menjual Obat Asli, Layanan Konsultasi Apoteker Gratis, dan tersedia Layanan Antar.


Selain itu, PT K-24 Indonesia terus berupaya meningkatkan layanan kepada konsumen dengan adanya apotek online Obat24, program BLB (belanja lewat BBM), konsultasi apoteker onlinedan loyalty card. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap kehidupan masyarakat, perusahaan juga menggalakkan program CSR (Corporate Social Responsibility) misalnya dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis, atau program bedah rumah  yang diadakan beberapa waktu lalu. (*)