HOMECARE APOTEK K-24, KOMITMEN APOTEKER DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN

Pada tanggal 28 Mei 2023 besok, K-24 akan mengadakan Grand Opening 51 Gerai Apotek K-24 dari Jawa hingga Papua secara serentak dengan tema Peduli Indonesia Sehat. Nah, untuk memaksimalkan pelayanan kefarmasian ini, K-24 mengadakan Homecare dari Apotek K-24 sebagai salah satu rangkaian acara Grand Opening tersebut.

Peduli merupakan salah satu sikap di mana Sobat Sehat perlu memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap keadaan sekitar. Seperti tema yang diangkat pada acara Grand Opening ini, Apotek K-24 mengangkat kegiatan yang lebih proaktif terhadap masyarakat untuk komitmennya dalam pelayanan kefarmasian.

Homecare dari Apotek K-24

Program Homecare dari Apotek K-24 merupakan kegiatan di mana para apoteker mengunjungi masyarakat di sekitar gerai untuk melakukan pelayanan kefarmasian. Pasien prioritas yang dikunjungi ini adalah pasien geriatri atau yang memiliki penyakit degeneratif dan kesulitan untuk bergerak.

Pemilihan pasien untuk Homecare sendiri berdasarkan data pasien yang datang dari area yang dekat dengan Apotek K-24. Selain itu, apoteker juga akan bertanya ke pejabat setempat, seperti ketua RT atau RW yang ada di lingkungan tersebut.

Homecare yang dilakukan oleh para apoteker K-24 ini berupa:

  • Memberikan informasi dan konsultasi terkait terapi obat yang sedang dijalani.

  • Pendampingan pengelolaan obat dan alat kesehatan di rumah, seperti cara konsumsi dan penyimpanan obat.

  • Pemeriksaan tekanan darah secara gratis.

  • Mengingatkan tentang penyakit yang sedang dialami.

  • Memberikan souvenir khusus dari Apotek K-24.

Layanan Homecare dari Apotek K-24 sebenarnya bukan hanya sekadar rangkaian Grand Opening saja, tapi wujud dari tugas dan komitmen apoteker terhadap pelayanan kefarmasian. Artinya, Homecare ini sudah dilaksanakan secara rutin oleh Apotek K-24.

Warga sekitar Apotek K-24 sendiri sangat menerima layanan Homecare ini dengan baik. Mereka merasa senang dan sangat terbantu dengan kunjungan dari apoteker K-24. Namun, memang melaksanakan layanan Homecare ini memunculkan tantangan tersendiri, seperti pembagian waktu antara layanan di gerai dengan layanan kunjungan ini.

Nah, menarik bukan? Sobat Sehat jangan malu-malu untuk memanfaatkan fasilitas dan pelayanan dari Apotek K-24, ya!