SAKIT MAAG SERING KAMBUH? INI DIA CARA MINUM OBAT MAAG SAAT PUASA

Sakit maag memang bisa kapan saja terjadi, apalagi ketika penderita sedang menjalankan puasa. Risiko maag dapat meningkat saat puasa karena Sobat Sehat harus menahan rasa lapar dan haus dalam waktu yang lama. Namun, keadaan ini bisa dicegah atau diatasi dengan minum obat. Lalu bagaimana cara minum obat maag saat puasa?

Sakit maag bukanlah keadaan yang serius atau membahayakan nyawa. Kendati demikian, gejala maag bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti nyeri perut, mual, dan perut kembung. Pada beberapa kasus, banyak penderita yang tidak kuat dalam menahan rasa sakit akibat gejala maag. Oleh karena itu, Sobat Sehat tidak bisa menyepelekan sakit maag.

Cara Minum Obat Maag saat Puasa

Konsumsi obat maag ketika puasa sangat disarankan untuk meredakan gejala maag agar tidak menjadi masalah yang lebih serius. Selain itu, hal ini dilakukan demi kelancaran dalam berpuasa dan supaya puasa tidak batal.

Namun, menurut dokter umum yang bernama Reisa Kartikasari, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat maag setiap hari. Sebab, bisa saja obat-obat maag ini memberikan efek samping yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, cara minum obat maag saat puasa haruslah benar dan tepat agar minim risiko efek samping.

Namun, bagaimana aturan minum obat maag saat puasa?

Ibadah puasa ini membuat adanya perubahan waktu dalam mengonsumsi obat pereda maag. Walaupun demikian, apabila Sobat Sehat menjaga pola makan dan minum obat sesuai aturan, maka sakit maag tidak akan menjadi halangan.

Obat maag umumnya diresepkan oleh dokter untuk diminum sebanyak 1 kali atau 2 kali dalam sehari. Menurut Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes RI), obat yang hanya disarankan 1 kali dalam sehari dapat Sobat Sehat konsumsi pada malam hari sebelum tidur.

Contoh obat-obatan tersebut adalah omeprazol, lansoprazol, esomeprazol, atau pantoprazole. Sedangkan obat maag, seperti ranitidin, cimetidin, dan famotidine, yang biasanya diminum 2 kali sehari, hendaknya Sobat Sehat konsumsi pada malam hari sebelum tidur dan saat makan sahur.

Selain itu, Sobat Sehat juga harus memperhatikan kapan obat maag harus dimakan, apakah sebelum makan atau setelah makan besar. Hal ini sangat penting agar manfaat obat bisa didapatkan dengan optimal.

Contoh Obat Maag di Apotek K-24

Jikalau Sobat Sehat sudah mengetahui bagaimana aturan atau cara minum obat maag saat puasa yang tepat, maka memilih obat maag juga harus sesuai dengan kondisi tubuh. Sebab, bisa saja satu orang cocok dengan obat ini, belum tentu orang lain juga cocok dengan obat tersebut.

Berikut beberapa contoh obat maag yang dapat Sobat Sehat jumpai di Apotek K-24 atau aplikasi K24Klik:

1. Promag

Obat yang satu ini merupakan kombinasi dari antasida dan simetikon yang biasanya digunakan untuk mengurangi gejala sakit maag. Magnesium dan Hydrotalcite di dalam Promag berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi gas berlebih dalam lambung.

2. Mylanta

Obat dalam bentuk cair ini juga mengandung Magnesium Hidroksida, Simetikon, dan Aluminium Hidroksida. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kombinasi antara antasida dengan simetikon dapat membantu dalam meringankan gejala maag.

3. Polysilane

Contoh obat maag yang selanjutnya adalah Polysilane yang berfungsi untuk mengurangi gejala masalah lambung, seperti mual, nyeri lambung, kembung, dan perasaan penuh pada lambung.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara minum obat maag saat puasa yang baik dan beberapa contoh maag. Sebenarnya jenis-jenis obat maag yang ada di Apotek K-24 ini masih banyak sekali. Sobat Sehat bisa mengonsultasikannya dengan apoteker atau mengecek obat maag melalui K24Klik untuk memilih obat yang cocok.

Pola makan yang teratur dan konsumsi obat maag ini bisa menjadi salah satu cara mencegah sakit maag ketika puasa berlangsung. Sakit maag hilang, puasa jadi lancar!