DETOX RAHIM SEBAGAI SOLUSI PROMIL, BISA KAH?

Salah satu metode yang populer di kalangan pejuang garis 2 yang sedang mengikuti program hamil adalah detox rahim. Hmm, metode apa sih ini?

Detox rahim dipercaya sebagai salah satu metode untuk ‘membersihkan rahim’ agar siap untuk program hamil. Perempuan dianjurkan untuk minum ramuan yang terbuat dari bahan herbal alami seperti jahe, kayu manis, kapulaga, ketumbar, sereh, cengkeh, dan madu. Minuman ini apabila diminum secara rutin dipercaya dapat membersihkan rahim sehingga perempuan bisa cepat hamil.

Dari segi manfaat, bahan bahan herbal tersebut memang diyakini memiliki sejumlah manfaat medis karena kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Namun, hingga saat ini, belum ada anjuran medis dan bukti ilmiah mengenai manfaat bahan herbal tersebut untuk detoks rahim.

Istilah detoks rahim sendiri sebenarnya kurang tepat bila dijadikan sebagai solusi untuk masalah rahim seperti keputihan, haid tidak teratur, maupun program hamil. Sebab, setiap masalah tersebut memiliki penyebab masing-masing yang belum tentu saling berkaitan satu sama lain sehingga belum tentu bisa diselesaikan dengan minuman herbal tersebut.

Meskipun demikian, mengkonsumsinya sehari-hari juga tidak dilarang sebab memang bahan herbal tersebut memiliki manfaat yang baik.

Sobat Sehat, bila memiliki masalah dengan rahim atau ingin program hamil, sebaiknya kunjungi dokter kandungan agar diberikan terapi yang cocok agar dapat segera hamil.