BERAPA LAMA SUSU FORMULA BISA BERTAHAN SETELAH DIBUAT?

Sobat Sehat, pernah nggak sih harus menyimpan susu formula dalam waktu yang lama karena si kecil tidak menghabiskan susu yang sudah dibuat? Ternyata, susu yang sudah dibuat tidak bisa dibiarkan dalam waktu yang lama karena kandungan nutrisi di dalamnya bisa rusak jika dibiarkan terlalu lama.

Lalu berapa lama susu formula bisa bertahan setelah dibuat?

Jangan mengkonsumsi susu setelah lebih dari 2 jam di suhu ruang. Susu yang tidak segera diberikan akan mempunyai kemungkinan besar terkontaminasi bakteri yang membahayakan pencernaan. 

Menyimpan susu formula di dalam lemari es bisa membuatnya lebih tahan lama. Meski begitu, jangan menyimpan susu tersebut lebih dari 24 jam karena umumnya susu sudah rusak dan tidak layak dikonsumsi lagi.

Anda juga tidak disarankan untuk memanaskan kembali susu yang sudah diseduh dan dan dimasukkan di dalam kulkas. Hal ini bisa memicu perkembangan bakteri lebih cepat.

Meskipun menyimpan susu formula yang sudah terlanjur dibuat memang diperbolehkan, tapi sebenarnya hal ini tidak dianjurkan ya Sobat Sehat. Akan lebih baik jika susu yang sudah dibuat segera dihabiskan.

 

Source: dikutip dari berbagai sumber