CHALLENGE TAHAN SENDAWA DI TIKTOK, BAHAYA GAK SIH?

Belakangan ini viral tren challenge di TikTok menahan sendawa. Challenge ini mengharuskan seseorang meminum satu botol soda tanpa sendawa. 

Kebanyakan yang mengikuti challenge berhasil menahan sendawa saat menenggak sebotol soda. Namun, tidak sedikit yang mempertanyakan bahaya di balik challenge ini.

Dilansir dari Detik Health, dokter spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, Sp. PD KGEH dari RS Brawijaya Depok mengatakan challenge semacam ini bisa membahayakan pencernaan di lambung. 

Sebab, sendawa merupakan bagian dari proses tubuh terutama untuk mengurangi tekanan lambung akibat gas. Jika ditahan dan tidak dikeluarkan dapat menyebabkan lambung membesar dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan hal ini bisa mengganggu proses pencernaan lambung hingga menyebabkan iritasi dan luka pada dinding lambung. 

Meski begitu, dr Aru mengatakan belum ada literatur yang mengaitkan menahan sendawa dengan penyakit. Namun bukan berarti hal ini bebas risiko. 

Menahan sendawa sama bahayanya seperti menahan kentut. Jika gas di usus tidak dikeluarkan hal ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman hingga kemungkinan iritasi. Usus dan saluran cerna menjadi membesar seperti balon yang akan mengakibatkan pergerakan usus akhirnya melemah dan dinding usus akan mengalami iritasi.

 
Source: Dikutip dari berbagai sumber