HIPERTENSI BISA BIKIN PENIS LOYO, BENARKAH?

Bagi beberapa orang, hipertensi atau tekanan darah tinggi seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. Sobat Sehat harus waspada nih, karena jika tekanan darah selalu dibiarkan tinggi bisa mempengaruhi kehidupan seksual Anda lho. 

Hipertensi diduga menjadi salah satu penyebab impotensi atau gangguan ereksi pada pria. Kok bisa ya?

Selain berisiko menyebabkan serangan jantung atau stroke, tekanan darah yang tinggi juga dapat mengakibatkan disfungsi ereksi. Menurut penelitian, sebagian besar pria berusia 40 hingga 79 tahun yang mengalami tekanan darah tinggi ternyata juga memiliki masalah disfungsi ereksi atau impotensi.

Hipertensi dan kemampuan ereksi pria rupanya memiliki hubungan yang sangat erat. Hipertensi bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah, tak terkecuali di sekitar area organ intim pria.

Tekanan darah yang tinggi dapat merusak lapisan pembuluh darah yang menyebabkan arteri mengeras dan menyempit (aterosklerosis), sehingga aliran darah pun akan terhambat. Kondisi inilah yang menyebabkan hanya sedikit darah yang bisa mengalir ke penis, sehingga terjadi gangguan ereksi.

Beberapa obat-obatan anti hipertensi pun ada yang bisa menyebabkan impotensi, meskipun tidak berarti semua obat anti hipertensi berdampak seperti itu ya Sobat Sehat. Beberapa jenis obat hipertensi yang bisa menyebabkan gangguan ereksi adalah pil air (diuretik) dan beta blocker.

Impotensi memang tidak selalu disebabkan oleh hipertensi. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari hipertensi dan kualitas kehidupan seksual tetap terjaga. 

Beberapa tips yang bisa Sobat Sehat lakukan agar terhindar dari hipertensi adalah:

Hindari merokok, selalu konsumsi makanan yang sehat, kurangi jumlah garam dalam makanan, jaga berat badan ideal, dan olahraga dengan teratur.


 

Source: Dikutip dari berbagai sumber