SEBENARNYA, BERAPA SATURASI OKSIGEN YANG NORMAL?

Nilai saturasi oksigen saat ini banyak menjadi perbincangan orang-orang. Sebab, kadar oksigen pada pasien Covid-19 dapat lebih rendah dari angka normal. 

Saturasi oksigen merupakan jumlah kadar oksigen dalam darah. Kekurangan oksigen dapat menghambat fungsi organ tubuh, bahkan menyebabkan kegagalan fungsi organ. Lantas, berapakah sebenarnya kadar saturasi oksigen yang normal?

Saturasi oksigen yang rendah seringkali dijumpai oleh pasien Covid-19. Tak heran apabila mereka mengalami gejala seperti sesak napas atau napas pendek. Biasanya, saturasi oksigen yang rendah pada pasien Covid-19 dapat mencapai angka di bawah 95 persen.

Untuk mengukur kadar oksigen ini kita bisa melakukannya secara mandiri di rumah menggunakan alat yang bernama pulse Oximeter. Umumnya pulse oximeter berbentuk klip dan cara penggunaannya cukup dijepitkan pada jari tangan. Sensor dari oximeter ini kemudian akan mengevaluasi jumlah hemoglobin yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Dilansir dari CNN Indonesia, dokter spesialis paru di RSUP Erlina Burhan mengatakan jika saturasi oksigen yang normal adalah di atas 95 persen, yakni pada kisaran 95-100 persen. Kondisi ini berlaku pada anak-anak, dewasa, dan juga lansia. 

Karenanya, apabila Sobat Sehat sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, jangan lupa untuk menyediakan oximeter untuk memantau kadar oksigen dalam tubuh. Apabila kadar oksigen rendah, maka Anda memerlukan tindakan medis lebih lanjut. Segera hubungi dokter atau layanan medis terdekat ya!

Source: dikutip dari berbagai sumber