JARANG DISADARI, KEBIASAAN INI BISA PICU DIABETES LHO!

Terkadang, penyakit bisa muncul akibat kebiasaan yang sering kita lakukan. Salah satu penyakit yang bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat adalah diabetes.

Jika mengidap diabetes, seseorang akan rentan terkena penyakit lainnya termasuk penyakit jantung, hipertensi, gangguan pernapasan, dan lain-lain. Karenanya, diabetes merupakan salah satu penyakit yang sebaiknya Anda waspadai.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Untuk mengetahui risiko diabetes, mengecek kadar gula darah dalam tubuh merupakan cara deteksi yang paling efektif. 

Ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan diabetes. Dilansir dari Detik Health, berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang bisa memicu penyakit diabetes. Yuk simak selengkapnya!

Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat Olahan

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti roti, nasi putih, biskuit, dan lain sebagainya bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang, nasi merah, oatmeal, singkong, atau roti gandum. Karbohidrat kompleks pun akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tidak Sarapan

Melewatkan makan pagi atau sarapan akan membuat seseorang lebih banyak makan di siang hari. Selain itu, makanan yang dikonsumsi pun akan cenderung mengandung lebih banyak kalori dan berlemak. Hal ini tentunya bisa menyebabkan penimbunan kalori dan penumpukan lemak dalam tubuh.

Mager

Kebiasaan mager atau malas bergerak seperti rebahan, duduk berlama-lama dan hanya bermain gadget tentunya tak baik bagi kesehatan. Menurut Dr Rajesh Khadgawat dari Aiims Hospital, seseorang setidaknya memerlukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggunya untuk menjaga agar kadar gula dalam tubuh tetap terkontrol dalam batas yang normal.

Sering Begadang

Sejumlah penelitian menunjukkan jika kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan penambahan berat badan. Hal inilah yang menjadi faktor dan risiko perkembangan penyakit diabetes.

Setelah Makan Malam Langsung Tidur

Menurut penelitian, 50 persen kalori dalam tubuh berasal dari makanan. Kebiasaan setelah selesai makan malam langsung tidur bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat dan meningkatkan risiko diabetes. Karenanya, sebaiknya Anda memberikan jeda setelah selesai makan malam dan tidur setidaknya sekitar tiga jam. 


Sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu penyakit diabetes tersebut ya Sobat Sehat. Terapkan pola hidup yang sehat agar kita bisa menghindari penyakit yang tidak diinginkan.


Source:

Detik Health