YUK KURANGI ASUPAN GULA SELAMA PANDEMI, BEGINI CARANYA!

Adanya pandemi menyebabkan orang menjadi merasa stress. Saat hal ini terjadi, tidak sedikit yang melakukan pelarian pada sesuatu hal yang membuatnya merasa nyaman. Misalnya seperti makanan manis. Padahal jika konsumsi gula berlebih, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh.

Menurut ahli nutrisi dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, asupan gula yang tinggi bisa menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular dan juga sindrom metabolik.

Kopi kekinian, kue, boba, permen, sereal, dan lain sebagainya mungkin merupakan makanan yang sering Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa penat dan sebagai pelarian dari stress kala pandemi. Tanpa disadari, berbagai jenis makanan ini mengandung gula yang cukup tinggi untuk tubuh.

Bagi pecinta makanan manis, mungkin akan sulit untuk menghentikan kebiasaan makan makanan manis ini. Lalu bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi asupan gula yang berlebih? Simak caranya ya Sobat Sehat!

Kurangi gula secara bertahap

Mengurangi ketergantungan gula mungkin akan terasa sulit bagi orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan manis. Namun, Anda bisa menguranginya secara bertahap sedikit demi sedikit. Jika biasanya Anda mengkonsumsi kopi dengan dua sendok teh gula, Anda bisa mengurangi porsi menjadi satu sendok teh gula. Lakukan sampai Anda benar-benar bisa menguranginya.

Ganti dengan pemanis alami lainnya

Sebenarnya, rasa manis tidak hanya bisa didapat dari gula pasir atau pemanis tambahan lainnya. Misalnya saja saat ingin mengkonsumsi kopi, Anda bisa menambahkan kayu manis, ekstrak vanila, atau bubuk kakao tanpa pemanis.

Pilih buah sebagai dessert

Makanan penutup atau dessert tidak harus berupa kue, es krim, atau puding coklat. Anda bisa memilih buah potong sebagai hidangan penutup, misalnya seperti apel, semangka, melon, dan buah-buahan lainnya.

Ganti gula saat memasak

Untuk mengganti gula saat memasak, Anda bisa menggunakan bumbu-bumbu lainnya seperti pala, ekstrak vanila, atau kayu manis. Selain memberikan rasa manis, bahan makanan tersebut juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Batasi konsumsi minuman ringan

Minuman ringan seperti minuman bersoda, minuman berenergi, atau minuman rasa buah dalam kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi. Misalnya saja dalam satu kaleng minuman bersoda yang berukuran 12 ons mengandung 8 sendok teh gula. Jumlah ini tentunya melebihi jumlah asupan gula harian. Jadi sebaiknya pikir ulang lagi ya Sobat Sehat jika Anda ingin mengkonsumsi minuman bersoda.

Ingat “gula tersembunyi”

Gula tidak hanya hadir dalam makanan yang berasa manis. Makanan seperti roti, saus, juga bumbu-bumbu dari makanan yang Anda konsumsi pun mengandung gula tersembunyi. Sebaiknya cek kemasan label makanan untuk mengetahui kandungan gula yang terdapat pada makanan tersebut. 


Mungkin akan terasa sulit untuk menghentikan konsumsi gula secara langsung. Anda bisa menguranginya secara bertahap. Selain itu, akan lebih baik jika Anda memasak makanan Anda sendiri agar bisa mengetahui seberapa takaran gula yang diberikan.


Source:

Dilansir dari beberapa sumber