PENGGUNAAN MASKER SCUBA TIDAK DISARANKAN, YUK CARI TAHU ALASANNYA!

Salah satu jenis masker kain yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah masker kain scuba. Namun belakangan ini masker kain scuba dilarang untuk digunakan di dalam KRL atau commuter line. Himbauan untuk tidak menggunakan masker scuba ini pun turut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 yang menyarankan masyarakat untuk tidak menggunakan masker scuba atau buff untuk melindungi diri. 

Banyak orang yang berpikir memakai jenis masker apa saja lebih baik jika dibandingkan tidak memakai masker sama sekali. Namun ternyata anggapan ini salah. Masker kain scuba dan buff faktanya tidak efektif untuk digunakan. Bahkan penggunaan kedua jenis masker ini malah bisa membahayakan penggunanya dan orang-orang di sekitarnya. Kedua masker ini memiliki efektivitas yang sangat rendah, yakni sekitar 0-5%.

Umumnya masker kain scuba dan buff pun terbuat dari bahan yang tipis dan hanya terdiri dari satu lapisan. Bahan yang digunakan pun biasanya sangat elastis, sehingga mudah renggang dan mudah ditembus virus. Material kedua jenis masker ini pun dinilai bisa memecah droplet menjadi partikel yang lebih kecil dan membuatnya mudah berterbangan di udara.

Menurut riset yang terdapat pada jurnal Science Advance edisi Agustus 2020 menunjukkan jika buff merupakan jenis masker yang paling tidak efektif mencegah transmisi virus. Bahkan penggunaan buff dinilai lebih buruk daripada orang yang tidak menggunakan masker. Menurut peneliti, buff justru bisa membuat droplet lebih mudah berkembang di udara.

Lalu, masker kain apa yang sebaiknya digunakan?

Masker kain masih tetap boleh digunakan. Namun sebaiknya Sobat Sehat memilih masker kain berbahan katun yang memiliki tiga lapis, yakni lapisan depan, lapisan tengah yang berupa filter, dan lapisan belakang. Pilih masker kain yang nyaman digunakan dan tidak terasa sesak namun tidak longgar agar Anda tetap nyaman memakainya dan tidak tergoda untuk melepas pasang masker. 

Saat menggunakan masker kain, jangan lupa untuk menggantinya setelah empat jam pemakaian. Jangan lupa untuk mencuci masker dengan bersih dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Jika Sobat Sehat ingin memiliki masker kain, dapatkan berbagai masker kain yang nyaman digunakan untuk pemakaian sehari-hari di Apotek K-24. Atau bisa juga pesan secara online melalui K24Klik.



Source:

Dilansir dari berbagai sumber