TERNYATA SCALING NGGAK HANYA BISA BERSIHKAN KARANG GIGI LHO, INI MANFAAT LAINNYA!

Gigi yang bersih dan sehat serta nafas yang segar tentunya membuat setiap orang semakin percaya diri. Namun terkadang sisa makanan, kotoran, dan bakteri yang tertinggal di mulut terkadang menimbulkan karang gigi. Hal ini pun menyebabkan gigi menjadi rusak bahkan bau nafas jadi tidak sedap. 

Meskipun sudah menggosok gigi dengan teratur, namun ternyata hal ini tak cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Jika sudah begini, scaling gigi pun bisa menjadi pilihan Anda untuk membersihkan karang gigi. Scaling merupakan salah satu perawatan gigi yang paling efektif untuk mencegah kerusakan gigi. 

Tak hanya bisa membersihkan karang gigi, rupanya scaling memberikan banyak manfaat pada kesehatan gigi. Dikutip dari Detik Health, berikut ini merupakan manfaat lain dari scaling.

Membersihkan Noda

Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya akan meninggalkan sisa-sisa kotoran atau noda pada gigi. Apalagi jika Anda merupakan orang yang gemar menikmati teh dan kopi. Menyikat gigi dengan teratur memang bisa menghilangkan noda pada gigi, namun melakukan scaling akan lebih efektif dalam membersihkan noda di gigi.

Mencegah Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang merupakan salah satu penyakit gigi yang paling sering dialami oleh banyak orang. Gigi yang berlubang biasanya terbentuk karena adanya plak yang mengikis lapisan luar gigi. Menyikat gigi secara teratur memang bisa membantu menghilangkan plak, namun setidaknya Anda perlu melakukan scaling paling tidak 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang.

Mencegah Penyakit Gusi

Bakteri pada gigi ternyata juga bisa menyebabkan penyakit pada gusi. Plak yang menumpuk pada gigi jika dibiarkan bisa merusak gusi sehingga bisa menyebabkan penyakit gusi. Bahkan jika tidak segera dibersihkan dan sudah terjadi penyakit gusi, hal ini bisa menyebabkan gigi tanggal.

Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut merupakan sebuah hal yang mengganggu, apalagi jika Anda sering berinteraksi dengan orang lain. Umumnya bau mulut disebabkan karena adanya masalah pada mulut, salah satunya seperti adanya karang gigi yang menumpuk dan tidak kunjung dibersihkan. Hal ini terjadi karena adanya endapan yang berkerak pada gigi yang membuat bakteri berkumpul dan menyebabkan bau. Karenanya, scaling bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan bau pada mulut karena scaling bisa membantu menghilangkan karang gigi.



Membersihkan gigi secara rutin memang perlu dilakukan. Selain rutin menggosok gigi setiap hari, sebaiknya Anda pun rajin mengontrol kesehatan gigi ke dokter gigi setidaknya selama enam bulan sekali. Jika mengalami kerusakan gigi, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter gigi ya Sobat Sehat! Karena ada banyak penyakit gigi yang jika dibiarkan begitu saja bisa berdampak pada kerusakan saraf dan organ tubuh lainnya.


Source:

Detik Health