KEMBALI NGETREN, INI MANFAAT SEPEDAAN BAGI TUBUH

Bersepeda saat ini kembali digemari oleh masyarakat. Anda bisa menjumpai orang-orang yang menggowes sepeda di jalanan hampir setiap pagi, sore, atau malam. 

Terlepas dari sebuah hobi atau tren yang kembali muncul, bersepeda juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bersepeda secara teratur bisa merangsang dan meningkatkan fungsi jantung. Selain itu juga bisa memaksimalkan kerja paru-paru dan sirkulasi darah juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Berikut ini merupakan manfaat lain bersepeda untuk kesehatan tubuh. Yuk disimak!

Mengontrol Berat Badan

Bersepeda merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Hal ini disebabkan karena bersepeda bisa meningkatkan kerja metabolisme tubuh, membangun otot, hingga membakar lemak tubuh. Selain itu, bersepeda merupakan olahraga yang nyaman dan Anda pun bisa menyesuaikan waktu dan intensitas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain bisa meningkatkan kekuatan, keseimbangangan, dan koordinasi tubuh, bersepeda bisa memperkuat kestabilan tulang sehingga bisa mencegah tubuh dari hilangnya koordinasi yang membuat gampang terjatuh.

Jika Ada memiliki kondisi osteoarthritis, bersepeda merupakan bentuk ideal yang bisa Anda lakukan. Alasannya adalah bersepeda merupakan jenis olahraga yang tidak banyak memberi tekanan pada persendian.

Menurunkan Risiko Diabetes

Minimnya aktivitas fisik merupakan salah satu alasan munculnya penyakit tidak menular, salah satunya adalah diabetes. Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang aktif dan bisa menurunkan risiko Anda terkena penyakit tidak menular. Bersepeda selama 30 menit pun terbukti mengurangi risiko terkena diabetes sebanyak 40 persen.

Menghindari Penyakit Kardiovaskular

Bersepeda bisa menghindarkan Anda dari penyakit kardiovaskular. Misalnya seperti stroke, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung. 

Menjaga Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental seperti depresi, stress, dan kecemasan bisa dikurangi dengan bersepeda secara teratur. Hal ini terjadi karena munculnya perasaan senang saat bersepeda.

Bersepeda memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Meski begitu, jangan lupa untuk sesekali mengubah posisi saat menggowes ya Sobat Sehat, misalnya seperti berdiri, condong ke depan, atau menunduk. Sesekali Anda juga bisa berhenti sejenak untuk melancarkan peredaran darah. 

Selain itu sebaiknya Anda memperhatikan waktu saat melakukan hobi gowes ini ya Sobat Sehat. Jangan sampai bersepeda hingga larut malam dan mengurangi waktu tidur Anda. Karena tidur yang cukup merupakan kunci penting agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga asupan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Selamat menggowes!



Source:

Halodoc.com