JARANG DISADARI, HAL BERIKUT INI TERNYATA TANDA KEMANDULAN

Bagi pasangan yang sudah menikah tentunya ingin segera memiliki anak. Namun, beberapa perempuan terpaksa menelan kesedihan apabila divonis mandul atau infertil. Kemandulan atau infertilitas memang menjadi suatu hal yang ditakutkan oleh perempuan. Padahal, kemandulan bisa juga terjadi pada pria. Apa saja ya tanda-tanda mandul pada perempuan?

Yang pertama, berat badannya kurang atau di bawah berat badan ideal. Kekurangan berat badan ternyata dapat merusak hormon yang berpotensi membuat perempuan menjadi tidak subur.

Kedua adalah menstruasi berat. Hal ini terjadi karena seorang perempuan merasa stress, cemas, khawatir, atau permasalahan kognitif lainnya sehingga menyebabkan menstruasi yang tak kunjung berhenti. Kelebihan darah ini juga dapat berpotensi menyebabkan kemandulan.

Tak hanya menstruasi yang tak kunjung berhenti, menstruasi yang tidak teratur pun ternyata juga bisa menyebabkan kemandulan. Hormon yang tidak seimbang membuat periode menstruasi tidak teratur. Akibatnya seorang perempuan tak mengalami ovulasi atau meluruhnya sel sel telur ke dinding rahim,

Bagi perempuan yang merasakan sakit yang teramat sangat ketika menstruasi, bisa juga hal tersebut adalah tanda kemandulan. Namun, karena tidak bisa dipastikan dengan jelas apakah sakit karena menstruasi normal atau karena kemandulan, maka sebaiknya periksakan ke dokter apabila sakit yang dirasakan berkelanjutan.

Rambut pada tubuh merupakan salah satu ciri-ciri kemandulan bila terjadi pada perempuan. Artinya, selain menghasilkan hormon estrogen, perempuan yang berambut lebat juga menghasilkan hormon androgen. Hal itulah yang menyebabkan perempuan menjadi hamil.

Penyebab kemandulan sendiri ternyata ada berbagai macam yaitu kebiasaan merokok pada wanita, penyumbatan saluran telur, munculnya penyakit kista, masalah endometriosis, ketidakseimbangan pH, melencengnya posisi mulut rahim, obesitas, menopause, stress, dan usia yang bertambah tua.

Nah, oleh karena itu, sebaiknya Sobat Sehat melakukan pencegahan sedari dini dengan menjaga kebersihan tubuh maupun organ intim, melakukan pemeriksaan secara teratur, memperhatikan asupan makanan, dan menjaga berat badan.


Sumber: Doktersehat.com