BENARKAH TELAPAK TANGAN BERKERINGAT TANDA PENYAKIT JANTUNG?

Pernahkah Anda menyentuh telapak tangan teman atau saudara yang sangat berkeringat? Fenomena telapak tangan yang berkeringat sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Saat melihatnya, mungkin Anda langsung berasumsi bahwa teman Anda memiliki penyakit jantung. Ya, di masyarakat memang terdapat mitos orang yang telapak tangannya berkeringat biasanya memiliki penyakit jantung. Hmm, benar tidak ya?

Ternyata, berkeringat memang salah satu gejala penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri memiliki berbagai gejala seperti terasa pegal pada dada, bahu, lengan, atau tangan, rahang terasa tak nyaman, terasa sakit di area punggung dan perut, masalah pencernaan seperti mual dan muntah, napas pendek, pusing, cepat lelah, sakit kepala serta berkeringat.

Meskipun demikian, tangan berkeringat tidak selalu menunjukkan gejala penyakit jantung. Menurut dr. Vito Damay, dokter spesialis penyakit jantung di Heart Center Siloam Hospital, Lippo Village, tangan yang berketingat bisa juga merupakan tanda syaraf simpatik. Hal tersebut dapat muncul ketika Anda merasa tegang lalu tangan menjadi sangat dingin dan berkeringat.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika keringat yang muncul tak hanya di telapak tangan saja, tapi juga di leher, badan, maupun tempat lainnya. Tak hanya itu, harus diperhatikan juga apabila ada kemunculan gejala penyakit jantung lainnya. Oleh karena itu, segera lakukan cek ekokardiografi untuk mengetahui kondisi jantung yang sesungguhnya.


Sumber: Tribunnews.com