TARUH HANDPHONE DI KASUR, INI DIA BAHAYANYA!

Dimana Anda menaruh handphone saat tidur?

Hampir bisa dipastikan bahwa Anda meletakkan handphone tidak jauh dari lokasi Anda tidur, entah di bawah bantal atau di samping kasur. Bahkan, tak jarang banyak orang yang tertidur dengan masih menggenggam handphone di tangan. Padahal, ternyata berada di dekat gadget terlalu sering tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan ini dipercaya meningkatkan risiko tumor otak. Tak hanya tumor otak, ada beberapa risiko lain yang dapat timbul apabila Anda tidur di dekat gadget. Apa saja?

Terbakar

Mungkin Anda sudah sering mendengar berita tentang kasus ponsel yang meledak saat pemiliknya tidur. Hal ini bukanlah hoax ataupun kabar burung semata. Memang ada kemungkinan ponsel meledak kapanpun. Penyebabnya diduga karena pemakaian baterai yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel. Akibatnya, ponsel menjadi cepat panas dan mudah meledak. Oleh karena itu, pastikan ponsel Anda menggunakan aksesoris yang sesuai.

Tidur Terganggu

Gadget juga mengeluarkan cahaya biru dari layar LED-nya. Cahaya ini dapat menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan tubuh untuk dapat merasakan kantuk. Bila Anda bermain ponsel sebelum tidur, yang terjadi adalah Anda justru akan kesulitan tidur. Tentunya hal ini akan mengganggu jam biologis tubuh.

Radiasi

Ponsel memancarkan radiasi elektromagnetik yang diduga dapat meningkatkan risiko tumor otak. Risiko ini tentu akan meningkat drastis bila Anda selalu berdekatan dengan ponsel. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk terus-menerus menggunakan gadget atau memberikan gadget kepada anak-anak usia dini. Perhatikan batas wajar pemakaian gadget agar manfaatnya dapat dirasakan.


Sumber: Tribunnews.com