LUKA BERDARAH, BOLEH GAK SIH DIKOMPRES ES?

Sobat Sehat, seringkali ketika Anda terluka, Anda merasa panik karena Anda tidak tahu apa yang dilakukan. Padahal luka Anda mungkin sudah berdarah-darah. Bisa jadi juga luka Anda sudah bengkak atau meradang. Wah, pasti sakit sekali rasanya. Sudah tentu Anda harus meredakan sakitnya. Kira-kira apa yang bisa Anda lakukan?

Nah, bila Anda terluka dan butuh penanganan segera, pastikan Anda mengompresnya dengan es batu. Terapi ini memang sudah sering dilakukan oleh atlet ataupun masyarakat umum karena dianggap efeknya bisa dilihat dengan cepat. Mengompres luka dengan es bisa membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan pada luka. Hal ini disebabkan karena suhu dingin pada es akan membantu menghentikan sirkulasi darah ke area yang cedera.

Manfaat Es Batu untuk Luka

Sebenarnya, ada beberapa manfaat dari terapi es batu pada luka ini. Pertama, mengompres luka dengan es batu bisa membantu Anda untuk mengurangi pembengkakan di area yang terluka. Selanjutnya, es juga bisa membantu menghentikan pendarahan pada sel-sel yang rusak. Mengompres luka dengan es juga bisa mengurangi nyeri atau kejang otot yang disebabkan oleh cedera.

Untuk melakukan terapi ini, Anda bisa mengambil selembar kain atau kaos bekas yang tipis. Kemudian, ikat salah satu ujungnya hingga menjadi kantong. Masukkan beberapa bongkah es batu sebanyak yang Anda perlukan. Kemudian, tempelkan kantong es buatan Anda pada area di sekitar luka. Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa membeli ice pack yang bisa dipakai setelah disimpan di freezer selama beberapa jam. Namun, penggunaan ice pack tidak direkomendasikan di area mata karena bila bocor bisa terjadi kontak dengan mata.

Perlambat Penyembuhan

Meskipun menggunakan es batu untuk mengompres luka cukup manjur, tapi ternyata cara ini juga bisa menghambat proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan suhu dingin es yang menghentikan sirkulasi darah pada area luka juga menghambar aliran limfatik yang berfungsi untuk menyembuhkan luka. Selain itu, koordinasi gerakan dan kekuatan beberapa otot di area yang dikompres juga ikut melambat. Akibatnya, luka jadi lambat sembuhnya.

Jadi, jika Anda terluka, tidak melulu harus segera dikompres dengan es bila rasa sakitnya tidak parah sekali. Akan lebih baik bila Anda mengoleskan salep luka atau obat antiseptik yang bisa membantu Anda untuk meringankan rasa sakitnya serta mempercepat proses penyembuhan. Bila luka tidak kunjung membaik atau menimbulkan efek tertentu pada bagian tubuh lainnya, segera kunjungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.




Sumber: Scoi.com