ASI BOOSTER ALAMI YANG HARUS IBU KETAHUI!

Menyusui buah hati menjadi impian bagi setiap ibu. Mendapat kesempatan untuk memberikan ASI eksklusif pada si buah hati adalah anugerah yang harus disyukuri. Pasalnya, menjaga asupan ASI agar memenuhi kebutuhan bayi terkadang bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang menyebabkan produksi ASI dapat menurun. Eitss, tapi ibu tak perlu berkecil hati ya karena ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI.

Cara yang pertama adalah mengonsumsi makanan yang berlemak. Lemak adalah salah satu kandungan penting dalam ASI yang dapat membuat postur bayi menjadi lebih baik. Agar asupan lemak terpenuhi, ibu dapat memilih daging, kacang-kacangan atau alpukat sebagai menu makan setiap harinya.

Cara yang kedua adalah bersantai atau rileks. Dipercaya atau tidak, ketika pikiran ibu rileks, maka produksi ASI pun dapat meningkat. Beda halnya bila ibu mengalami stres. Stres pada ibu dapat mengakibatkan penurunan produksi ASI.

Minum air putih juga menjadi kunci utama untuk produksi ASI yang melimpah. Untuk memproduksi 8 hingga 10 gelas ASI per hari, ibu tidak boleh dehidrasi. Pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi dengan meminum air putih atau jus soda, tapi tidak disarankan untuk minum soda, ya!

Selanjutnya, ibu juga harus memperhatikan kebutuhan protein tubuh karena protein yang terkandung dalam ASI dapat membangun jaringan tubuh dalam tubuh bayi. Nah, makanan yang kaya akan protein tentu sangat dibutuhkan oleh ibu.

Terakhir, makan sayur dan buah-buahan adalah cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu. Ketika kebutuhan nutrisi ibu terpenuhi, maka kebutuhan bayi pun akan terpenuhi melalui ASI. Sayuran hijau seperti bayam atau kangkung bisa menjadi pilihan untuk ibu menyusui.

Lalu, makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui?

Ibu menyusui disarankan untuk memakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti oatmeal, pepaya muda, bayam, buah bit, bawang putih, wortel, asparagus, ubi jalar, dan berbagai makanan bernutrisi lainnya.