KOPI HITAM TANPA GULA BISA SELAMATKAN NYAWA LHO!

Berapa cangkir kopi yang Anda konsumsi dalam sehari?

Kini kopi adalah satu bagian dari gaya hidup yang dapat melengkapi aktivitas sehari-hari dengan banyaknya coffeeshop yang tersebar di berbagai daerah.

Namun, tak sekedar lifestyle, sebenarnya kopi hitam tanpa gula, memiliki manfaat yang hebat untuk kesehatan. Apa saja ya?

Pertama, meminum kopi hitam tanpa gula bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Kopi dianggap bisa menghancurkan proses produk sel insulin dan meningkatkan kadar protein yang disebut sebagai hormon seks pengikat globulin, sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yg memiliki kelainan genetik.

Kedua, Kopi juga diyakini bisa melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan, karena kopi memiliki senyawa antikanker yang dapat memperbaiki DNA.

Ketiga, kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak sehingga risiko demensia atau penyakit pikun dapat menurun.

Selanjutnya, kopi juga membantu menurunkan risiko penyakit parkinson pada kaum pria karena di dalam kopi terdapat sebuah gen yang bernama GRIN2A yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit parkinson.

Terakhir, khasiat kopi juga dipercaya mampu menurunkan risiko depresi lho. Peneliti dari Harvard sudah menemukan bahwa orang minum empat cangkir kopi perhari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi.