BUKAN MAKIN SEHAT, TERLALU BANYAK MULTIVITAMIN JUSTRU NGGAK SEHAT!

Apakah Anda rajin mengonsumsi multivitamin? Banyak orang yang mengonsumsi multivitamin agar kesehatan tubuhnya lebih terjaga serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada berbagai jenis multivitamin dengan fungsi yang berbeda-beda yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Mungkin Anda berpikir bila mengonsumsi banyak jenis multivitamin maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Apakah pemikiran ini benar?

Rekomendasi untuk mengonsumsi multivitamin adalah satu biji per hari. Tidak ada anjuran untuk mengonsumsi banyak jenis multivitamin dalam satu kali waktu karena ternyata meskipun menyehatkan, bila dikonsumsi secara berlebihan pun dapat berbahaya bagi tubuh. Akan terjadi berbagai jenis masalah kesehatan yang sebenarnya bisa dihindari. Masalah kesehatan tersebut akan ditandai dengan warna urine yang menjadi kuning, seperti ketika seseorang kekurangan air putih.

Sebagai contoh adalah vitamin C. Kebutuhan tubuh akan vitamin C adalah 90 mg per hari. Ketika tubuh mengkonsumsi lebih dari itu, maka sisanya akan dibuang. Namun, jika kelebihan multivitamin dikonsumsi secara rutin terus menerus, maka efeknya urine akan membentuk kalsium oksalat. Ketika terkenal mineral lain, kalsium oksalat dapat berubah menjadi kristal. Kristal tersebut bisa menjadi batu empedu dan membahayakan tubuh.

Contoh lainnya adalah vitamin A. Vitamin A memang bagus untuk kulit dan dapat menyeimbangkan kadar minyak dalam tubuh. Namun, apabila tubuh mendapat terlalu banyak asupan vitamin A, maka yang terjadi adalah kulit menjadi kering, rambut rontok, dan tubuh tidak bisa meregenerasinya. Begitu juga dengan terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Bila dikonsumsi dengan tepat, maka vitamin D baik untuk tulang. Namun, bila terlalu banyak, efeknya justru menyerang tulang. Sebaiknya konsumsi vitamin sesuai dengan jumlah yang disarankan oleh tubuh.

Konsultasikan dengan apoteker K-24 saat beli multivitamin di apotek !