TIMUN JADI LALAPAN FAVORIT, MANFAATNYA SEABREK!

Orang Indonesia tentu sangat akrab dengan timun atau mentimun. Sayuran yang satu ini sangat mudah dijumpai karena sering menjadi pilihan untuk mendampingi makanan. Baik sebagai lalapan atau campuran makanan, timun selalu dipilih. Tak hanya itu, timun juga sering digunakan sebagai masker wajah karena dianggap dapat menghaluskan wajah. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat timun yang bisa diperoleh karena ada berbagai kandungan dalam timun seperti asam folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah manfaat lain timun yang wajib diketahui.

1. Meningkatkan daya ingat otak

Kandungan flavonol anti inflamasi dalam timun faktanya dapat meningkatkan kesehatan otak. Flavonol bisa membantu untuk meningkatkan konektivitas neuron sehingga daya ingat otak turut meningkat tajam. Selain itu, kerusakan saraf pun dapat dihindarkan meskipun usia semakin bertambah.

2. Mengurangi Stress

Timun mengandung berbagai jenis vitamin B kompleks yang juga dikenal sebagai biotin. Vitamin tersebut memang sudah dikenal dapat mengurangi kecemasan sehingga mengkonsumsi timun akan membantu mengurangi stress.

3. Memperlancar pencernaan

Asam lambung sering menyerang Anda? Nah, dengan makan timun Anda bisa menghindari peningkatan asam lambung karena kadar pH di perut dapat diturunkan. Selain itu, kandungan omega dalam timun juga bisa menghindarkan Anda dari sembelit.

4. Menyukseskan diet

Saat sedang diet, timun bisa menjadi asupan makanan yang tepat yang mungkin dibutuhkan oleh tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena kandungan protein, karbohidrat, dan lemah tak jenuh dalam timun bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Melindungi jantung

TImun juga mengandung potassium yang tinggi dan bisa membantu Anda untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, elektrolit dalam timun juga bisa berguna untuk merawat sistem syaraf, kontraksi otot, dan juga menjaga fungsi jantung.


Sumber: Liputan6.com