BENER NGGAK SIH PANU MUNCUL KARENA CUCI MUKA SETELAH KEPANASAN?

Setelah beraktivitas dan berkeringat rasa panas akan muncul, dan biasanya buru-buru mencari air untuk cuci muka, agar muka terasa lebih segar. Nah banyak yang masih percaya jika cuci muka setelah kepanasan di luar rumah dan terkena sinar matahari bisa timbulkan panu, apa benar ?

Menurut pakar kesehatan kulit dr. Eddy Karta menyebutkan bahwa hal ini ternyata adalah mitos belaka. Menurutnya, panu takkan muncul disebabkan kebiasaan cuci muka, tetapi karena tak mampu dalam menjaga kebersihan tubuh dengan baik seperti mandi jarang atau cuci muka pakai sabun. Panu notabene dipicu oleh berkembangnya jamur yang sangat sering muncul akibat gaya hidup yang kurang bersih. Walau dianggap sebagai mitos, sebaiknya cuci muka setelah kepanasan sebaiknya tak dilakukan. Hal ini memicu belang atau bercak warna putih pada kulit wajah yang bukan panu. Belang disebabkan oleh stress yang dialami kulit wajah akibat meradang karena panas dan langsung disiram dengan air dingin. stress pada kulit ini dipicu oleh berubahnya suhu pada kulit dengan signifikan sehingga pembuluh darah pun menyempit dengan mendadak.

Dr. Eddy menyebutkan bahwa tunggulah selama 10-15  menit setelah masuk ke dalam rumah sehingga suhu pada kulit wajah tidak terlalu panas dan bisa beradaptasi sebelum kita siram dengan air dingin. Hal ini tentu tidak akan membuat kulit menjadi stress atau mengalami belang-belang berwarna putih.


Sumber : doktersehat.com