TERNYATA MANDI SETELAH BERKERINGAT SAMA SEKALI TAK DIANJURKAN!

Mandi setelah berkeringat tentunya terasa sangat menyegarkan. Namun, ternyata hal tersebut tidak selamanya baik untuk kesehatan. Bagi anda yang mempunyai rutinitas dan hobi olahraga yang sama atau yang lain, jangan sekali-kali langsung mandi jika berkeringat. Berikut bahaya mandi saat berkeringat diantaranya :

Tubuh Anda Shock

Ketika Anda berkeringat dan Anda mandi dengan air hangat atau air dingin , maka reaksi pertama adalah tubuh merasa sangat kaget. Tubuh menjadi tidak nyaman bahkan sebelum Anda selesai mandi. Hal ini disebabkan karena ketika keringat keluar dari tubuh maka sebenarnya pori-pori kulit terbuka.

Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Keringat yang keluar dari tubuh adalah reaksi metabolisme yang sangat baik. Anda perlu mengeluarkan keringat untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh bisa berjalan dengan baik. Namun ketika tubuh sedang mengeluarkan keringat dan Anda mandi, maka bisa membuat kekebalan tubuh menjadi rusak.

Resiko Sinusitis

Banyak orang yang merasa mendapatkan sinusitis setelah sering mandi saat tubuh berkeringat. Hal ini bisa terjadi karena rusaknya sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan bakteri atau virus masuk ke bagian tubuh.

Resiko Kesehatan Pembuluh Darah

Sebenarnya ketika tubuh Anda berkeringat maka itu pertanda yang sangat bagus. Anda bisa mengeluarkan semua sisa metabolisme dan mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Jika Anda langsung mandi saat berkeringat, baik dengan air panas maupun air dingin maka bisa menyebabkan panas dari dalam tubuh akan tertahan.

Menyebabkan Masalah Otot

Banyak orang yang memiliki kebiasaan mandi setelah olahraga atau senam. Mereka merasa mandi setelah berolahraga akan membuat tubuh menjadi segar dan nyaman. Namun mandi ketika tubuh masih berkeringat terlebih setelah berolahraga maka bisa menyebabkan masalah cedera otot. Otot bekerja kuat saat olahraga atau senam, kemudian sebenarnya otot membutuhkan waktu untuk bersantai seperti tubuh Anda. 


Sumber : halosehat.com