BADAN JUSTRU KAKU SAAT BANGUN TIDUR, KENAPA TUH?

Pernah alami kaku saat terbangun ? jika sering terjadi, kemungkinan besar awal adanya rheumatoid arthritis (RA) atau peradangan kronis pada sendi, atau bisa disebut rematik. Kaku dan menjadi pegal dalam jangka waktu lama bisa menjadi awal rheumatoid arthritis. Menurut Arthritis Foundation, jika kekakuan pagi berlangsung selama lebih dari satu jam, bisa berarti awal rheumatoid arthritis, bentuk radang sendi autoimun. Periset sudah mencapai kesimpulan yang sama dalam sebuah penelitian.

Kaku pada sendi bisa terjadi pada beberapa persendian, hal ini bisa ringan, sedang maupun parah intensitasnya. Jika terlalu sering menunjukkan pada steoartritis (nyeri sendi), penuaan, atau RA, namun durasi kekakuannya bisa terjadi. Kekakuan selama dua jam pada pagi hari, segeralah hubungi dokter spesialis perawatan primer atau rheumatoid arthritis untuk menyingkirkan RA.

Setiap bagian tubuh dapat dipengaruhi oleh kekakuan pagi, namun banyak pasien mengalaminya dengan tangan dan lutut. Sementara RA tidak memiliki penyembuhan, diagnosis dini dan pengobatan dini dapat membantu memperbaiki hasil. Arthritis Foundation merekomendasikan untuk melihat rheumatologist jika kekakuan di pagi hari tetap ada. Jika kekakuan pagi berlangsung kurang dari setengah jam, mungkin terjadi osteoartritis.


Sumber : doktersehat.com