WASPADA GIGI MENGUNING KARENA NGOPI DAN NGETEH!

Gigi yang menguning sering membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Penyebab gigi menguning ada berbagai macam, salah satunya adalah karena konsumsi minuman seperti teh dan kopi. Tentunya hal ini menjadi dilema bagi sebagian besar orang karena teh dan kopi adalah minuman wajib yang harus diminum setiap hari. Tentu Anda ingin mengetahui, sebenarnya, mana yang bisa membuat gigi menjadi lebih kuning? Teh atau kopi?

Pakar kesehatan gigi, Jordan Kirk, menyebutkan bahwa kopi sering dianggap sebagai penyebab utama gigi menjadi kuning. Namun, menurutnya, justru teh yang lebih mudah menyebabkan gigi menjadi kuning. Hal ini terjadi karena teh mengandung tanin. Pori-pori dalam enamel gigi membuat zat tersebut menjadi lebih mudah terserap oleh gigi sehingga gigi menjadi kuning.

Tak hanya tanin, ada juga beberapa zat lain yang juga terkandung dalam teh dan berperan dalam membuat gigi menjadi lebih kuning, seperti theaflavin, thearubigin, dan theabrownin. Semakin kental kandungan teh, semakin mudah pula gigi menjadi kuning. Meskipun membuat gigi menjadi kuning, tanin dalam teh sebenarnya juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu, jangan berhenti minum teh hanya karena membuat gigi kuning. Untuk mengatasinya, dr. Payal Sharma Birch menyarankan untuk menyikat gigi dua kali dalam sehari agar gigi tetap cemerlang dan tidak menguning.

Beli obat sakit gigi hanya di Apotek K-24!


Sumber: Detik.com