TURUNKAN KOLESTEROL DENGAN BERPUASA

Berpuasa memang diketahui memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memperbaiki profil lipid yang berkaitan dengan kolesterol tinggi dalam tubuh. Kolesterol berfungsi untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Namun, bila angkanya terlalu tinggi maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, kadarnya harus dikontrol sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.

Karena kolesterol tidak dapat larut dalam darah, maka diperlukan zat-zat yang dapat mengangkutnya. Zat tersebut adalah kolesterol HDL dan LDL. Kolesterol HDL disebut juga sebagai kolesterol baik karena dapat menangkap kolesterol yang bebas di pembuluh darah dan kemudian dibawa ke hati untuk diproses lebih lanjut. Semakin tinggi jumlah HDL maka semakin baik bagi tubuh. Sementara itu, ada juga kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat karena mudah menempel di dinding pembuluh darah sehingga menimbulkan plak aterosklerosis. Bila kolesterol ini meningkat maka resiko serangan jantung dan stroke pun juga meningkat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan kolesterol hingga 7,9%. Level HDL meningkat hingga 14,3 % dan level LDL menurun hingga 2,6 %. Namun, yang jadi catatan adalah jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka maupun sahur. Sebaiknya bila ingin kolesterol menurun saat berpuasa hindari makanan yang bersantan dan gorengan karena bila dikonsumsi yang terjadi justru sebaliknya, yaitu LDL meningkat dan HDL menurun.

Jadi, Sobat Sehat, manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk mengontrol tingkat kolesterol di dalam tubuh.


Sumber: Klikdokter.com