BIAR NGGAK MALAS BANGUN SAHUR, TERAPKAN LANGKAH INI YA!

Bangun di dini hari untuk sahur menjadi salah satu tantangan, terlebih bagi mereka yang sering kesulitan untuk bangun pagi. Alarm jam pun terkadang tidak cukup untuk membuat Anda terbangun meskipun sudah disetel dengan volume maksimal. Bila tidak bangun sahur, maka akibatnya adalah menghadapi puasa dengan kondisi lemas dan kurang berkonsentrasi. Sulit bangun sahur sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan beberapa cara berikut ini. Apa saja?

Tidak Kalap Saat Berbuka

Biasanya, Anda mungkin memakan banyak jenis makanan saat berbuka sebagai ‘pembalasan dendam’ setelah berpuasa selama sehari. Namun, hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena ketika Anda memakan terlalu banyak makanan, akibatnya akan terjadi refluks lambung ketika Anda mencoba untuk tidur. Asam lambung akan naik menuju kerongkongan sehingga menciptakan rasa tidak nyaman dan sulit tidur.

Kurangi Kafein

Bagi pecinta kopi, rasanya mungkin akan kurang bila tidak minum segelas kopi saat berbuka. Padahal, kandungan kafein dalam kopi maupun teh yang Anda konsumsi justru menjadi stimulan yang menghalangi Anda untuk tidur lebih awal. Oleh karena itu, sebaiknya hindari meminum teh atau kopi saat menjelang jam tidur.

Tidak Menatap Layar

Kebiasaan banyak orang sebelum tidur adalah bermain gadget, entah untuk game atau sekedar membuka media sosial. Kebiasaan ini akan membuat Anda kesulitan tidur karena pancaran cahaya biru dari perangkat elektronik yang Anda mainkan. Oleh karena itu, sebaiknya tidak memainkan gadget sebelum tidur.

Mandi Sebelum Tidur

Apakah Anda malas mandi setelah beraktivitas selama sehari penuh? Hmm, sebaiknya jangan malas mandi. Setelah beraktivitas seharian, suhu tubuh cenderung naik. Hal ini akan membuat Anda kesulitan tidur. Oleh karena itu, mandi sebelum tidur akan membantu Anda untuk mencapai suhu yang tepat bagi tubuh untuk beristirahat. Sehingga Anda akan menjadi lebih nyenyak saat tidur.

Minum Secukupnya

Mungkin Anda ingin memenuhi kebutuhan air selama berpuasa dengan meminum banyak air setelah berbuka. Namun, jika Anda meminum terlalu banyak air putih sehingga membuat perut kembung, bisa dipastikan tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Sebaiknya saat berpuasa minum air putih tidak berlebihan yang penting mencukupi kebutuhan 8 gelas per hari.

Matikan Lampu Kamar

Saat tidur, lampu kamar yang redup akan membuat Anda lebih cepat tertidur. Lampu kamar yang redup akan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga dapat memproduksi hormon kantuk. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah bangun sahur ketika tidur lebih nyenyak.


Sumber: Detik.com