KETAHUI KESEHATAN ORGAN KEWANITAANMU DARI AROMANYA

Setiap perempuan tentunya merasa khawatir dengan kesehatan organ kewanitaan atau vaginanya. Mungkin Anda merasa malu atau segan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal tersebut padahal penting lho untuk memastikan kesehatan organ yang satu ini. Salah satu cara untuk mengetahui kesehatan vagina adalah dengan mengenali baunya. Normalnya bagaimana sih bau vagina?

Bau vagina sangat khas dan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, yang utama baunya tidak wangi seperti bunga atau buah-buahan. Pada dasarnya, baunya agak asam seperti cuka dan dapat tercium dari jarak 30 cm. Hal ini normal, dan Anda tidak perlu khawatir.

Bau asam yg khas ini terjadi karena adanya koloni bakteri alami dan cairan yang diproduksi vagina. Cairan ini bersifat asam dengan kadar PH Normal 4.5. Bila keasaman vagina terganggu, maka organ ini pun menjadi lebih rentan terhadap bakteri jahat, virus, maupun mikroorganisme lain yang menjadi penyebab penyakit.

Lalu, perlu tidak ya memakai cairan pembersih organ kewanitaan?

Jawabannya, tidak perlu. Vagina adalah organ tubuh yang mandiri dan canggih sehingga memiliki sistem sendiri untuk membersihkan diri dari bakteri dan kuman. Menggunakan cairan pembersih kewanitaan justru mengganggu kadar keasaman alami vagina. Anda wajib khawatir ketika vagina berbau menyengat lebih dari biasanya karena menjadi pertanda bahwa Anda terkena penyakit kelamin seperti gonore atau klamidia.


Sumber: Doktersehat.com