MAKAN SEBELUM MINUM OBAT ITU PENTING! KARENA..

Saat memperoleh obat dari dokter, sering terdapat instruksi untuk makan terlebih dahulu sebelum meminum obat. Anda mungkin tidak ambil pusing dengan instruksi tersebut padahal dokter tidak akan menginstruksikan sesuatu tanpa ada alasannya. Ternyata, di balik instruksi tersebut, terdapat alasan medis yang justru membantu Anda untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus makan terlebih dahulu sebelum meminum obat.

Agar Tidak Mudah Mual atau Muntah

Beberapa jenis obat memiliki efek samping mual dan muntah yang mungkin membuat peminumnya kesusahan untuk menelan obat. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal tersebut lebih baik Anda memakan makanan berat dahulu untuk mengganjal perut dan mengurangi efek samping mual dan muntah tersebut. Beberapa jenis obat-obatan yang menyebabkan mual atau muntah adalah allopurinol, bromocriptine, serta madopar.

Mengurangi Efek Samping Iritasi Perut

Selain obat-obatan yang menyebabkan mual, ada juga jenis obat-obatan yang memiliki efek samping iritasi pada perut. Perut akan terasa perih atau Anda akan mengalami masalah pencernaan. Apabila Anda makan sebelum meminum obat, Anda dapat mengurangi efek samping yang timbul karena obat tersebut. Beberapa jenis obat yang memiliki efek samping iritasi pada perut adalah aspirin, serta obat-obatan yang mengandung steroid.

Mengatasi Mulas dan Gangguan Pencernaan

Ada beberapa jenis obat yang berfungsi untuk mengatasi mulas dan gangguan pencernaan. Obat-obatan tersebut dapat bekerja saat asam diproduksi ketika makanan masuk ke tubuh. Oleh sebabnya, akan lebih baik bagi Anda untuk makan terlebih dulu agar obat-obatan seperti antasida dapat bekerja dengan lebih efektif.

Agar Obat Tidak Terbuang Sia-Sia

Obat-obatan yang Anda minum terkadang dapat terbuang dan larut dengan sangat cepat, terutama obat atau salep yang berguna untuk mengatasi sariawan. Apabila Anda meminumnya sebelum makan, obat akan terbuang sia-sia karena akan larut bersama makanan yang kemudian Anda makan sebelum menjalankan tugasnya.

Memastikan Obat Diserap Aliran Darah dengan Baik

Beberapa jenis obat akan membutuhkan bantuan dari makanan yang Anda makan agar dapat diserap oleh darah dengan baik. Obat-obatan seperti ritonavir yang merupakan obat HIV adalah salah satu contohnya. Bila diminum setelah makan, proses pencernaan makanan akan membantu obat untuk diserap oleh darah dengan cepat.

Membantu Tubuh Mencerna Makanan

Bagi Anda yang sakit diabetes, terkadang tubuh Anda sulit untuk memproses makanan. Oleh karena itu, obat-obatan yang Anda minum harus dikonsumsi setelah atau berbarengan dengan makanan yang Anda makan. Dengan demikian, obat Anda dapat membantu menurunkan level gula darah atau mencegah terjadinya gula darah rendah.


Sumber: NHS.uk