CACAT MENTAL BAYI BISA DICEGAH SEJAK DI KANDUNGAN!

Ibu hamil tentunya membutuhkan berbagai asupan gizi yang dapat menyehatkannya serta janin dalam kandungannya. Meskipun pada trimester pertama ibu hamil sulit makan karena rasa mual yang terus-menerus mengganggu, bukan berarti tidak ada asupan yang masuk ke perut. Justru sejak awal kehamilan, ibu hamil harus giat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan. Ada berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil agar selalu sehat.

1. Zat Besi

Zat besi sangat diperlukan oleh ibu hamil karena volume darah dalam tubuh pun juga meningkat. Saat hamil, bayi yang dikandung juga membutuhkan pasokan darah yang tinggi. Tingginya volume darah ini tentunya berpengaruh besar terhadap kebutuhan zat besi yang turut meningkat dua kali lipat. Kebutuhan zat besi ibu hamil mulai dari 26-39 mg/hari dan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

2. Asam Folat

Sejak merencanakan kehamilan, kebutuhan perempuan akan asam folat sudah tinggi. Manfaat asam folat bagi ibu hamil adalah mencegah bayi dari cacat tabung saraf, mencegah kelainan otak dan sumsum tulang belakang, serta mencegah keguguran, kelahiran prematur dan juga anemia saat hamil.

3. Kalsium

Ibu hamil juga harus memperoleh asupan kalsium dalam jumlah tinggi. Kalsium sangat dibutuhkan oleh janin untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Secara otomatis, janin akan mengambil asupan kalsium dari sang ibu. Oleh karenanya, ibu hamil bisa mengalami pengeroposan tulang dini bila tidak memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuhnya.

4. Kolin

Selain menjaga kesehatan janin, ibu hamil juga wajib memperhatikan kesehatannya sendiri. Oleh karena itu, asupan kolin akan sangat berguna bagi ibu hamil. Kolin berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil serta mencegah tekanan darah yang tinggi. Setiap harinya, seorang ibu membutuhkan 450 mg kolin.

5. Iodium

Janin sangat membutuhkan berbagai nutrisi yang didapat melalui ibunya. Asupan iodium yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berguna untuk mendukung pertumbuhan janin. Selain itu, iodium juga dapat mencegah keguguran karena bayi lahir mati. Bayi juga akan terlahir normal tanpa cacat mental bila ibunya mendapat asupan iodium yang cukup. Agar kebutuhannya tercukupi, ibu hamil harus mengkonsumsi setidaknya 220mcg iodium per hari.

6. Zinc

Zinc adalah salah satu asupan gizi yang tidak boleh dilupakan oleh ibu hamil. Bila ibu hamil memenuhi kebutuhan asupan zinc, otak janin yang dikandungnya akan berkembang dengan baik. Selain itu, zinc juga berfungsi untuk perbaikan sel-sel dalam tubuh sang ibu. Zinc juga sangat membantu untuk menghasilkan energi selama hamil. Pastikan ibu hamil mendapatkan asupan zinc sebanyak 12-20 mg/hari.

 Keenam jenis asupan gizi di atas bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sayur, daging, buah, atau berbagai produk yang terbuat dari susu. Ingat, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk melengkapi kebutuhan gizi ibu hamil. Jangan lupa konsultasikan ke dokter kandungan agar mendapatkan anjuran menu yang tepat.