CEGAH DBD MEWABAH DENGAN TERAPKAN KEBIASAAN INI

Di awal tahun 2019 kasus demam berdarah banyak mewabah di beberapa daerah di Indonesia. Demam berdarah dengue adalah penyakit demam tinggi yang penularannya melalui nyamuk Aedes aegypti. Agar tidak semakin meluas, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah pencegahan yang dapat membantu mengurangi mewabahnya penyakit demam berdarah. Bagaimana caranya?

Rajin Menguras Bak Mandi

Rajin menguras bak mandi adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah nyamuk demam berdarah berkembang biak. Seperti yang telah kita ketahui, nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak di air yang menggenang. Selain itu, pastikan juga untuk sering menguras air menggenang di sekitar rumah, seperti kolam atau akuarium. Jangan beri kesempatan bagi nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak.

Pasang Kasa Nyamuk

Hal kedua yang dapat mencegah persebaran demam berdarah adalah dengan memasang kasa nyamuk di ventilasi rumah. Pastikan untuk tidak memberikan celah bagi nyamuk untuk masuk ke dalam rumah.

Jangan Tumpuk Baju Kotor

Mungkin Anda memiliki kebiasaan menggantung baju yang baru dipakai sebentar untuk kemudian dipakai lagi. Nah, kebiasaan ini bila dibiarkan terlalu lama, justru akan menjadi sarang nyamuk. Pakaian kotor yang menumpuk akan membuat nyamuk betah untuk hinggap. Lebih baik, simpan pakaian di tempat yang kering dan tertutup agar tidak dihinggapi nyamuk lagi.

Pakai Lotion Anti Nyamuk

Pertahanan terakhir yang tak boleh dilupakan adalah lotion anti nyamuk. Anda tidak tahu kapan nyamuk akan menggigit. Oleh karena itu, lotion anti nyamuk akan sangat membantu agar terhindar dari gigitan nyamuk.


Sumber: Hellosehat.com