POSITIF HAMIL? 5 HAL INI JAGA KEHAMILANMU!

Trimester pertama kehamilan adalah masa yang paling rentan dan wajib dijaga. Padahal, mungkin banyak ibu hamil yang justru kurang menjaga kesehatannya saat di trimester pertama karena perut belum terlihat membesar. Sobat Sehat, di trimester pertama, ada 5 hal yang wajib dilakukan agar kehamilan selalu sehat. Apa saja ya?

Istirahat yang Cukup

Di trimester pertama, biasanya ibu hamil mengalami mual dan muntah yang disebut dengan morning sickness. Oleh karena itu, agar badan tidak kehabisan energi, sebaiknya ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup.

Jaga Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi saat hamil muda harus diperhatikan. Diakui atau tidak, di trimester pertama, terkadang ibu hamil merasa tidak nafsu makan atau justru mual. Bagaimana pun caranya, menambah asupan makanan harus dilakukan meskipun terasa sulit. Bila tidak nafsu makan, ibu hamil dapat memulai dengan makanan yang disukai, eits, tapi tetap harus bernutrisi ya. Selain itu, bila diberi obat maupun vitamin oleh dokter, pastikan untuk dikonsumsi sesuai dengan dosisnya.

Tetap Berolahraga

Meskipun tubuh terasa malas beraktivitas, olahraga tetap harus dilakukan. Nah ini dia kunci ketiga menjaga kesehatan saat hamil muda. Melakukan olahraga ringan secara rutin dapat membantu mempertahankan kondisi tubuh menjadi lebih baik, sehingga pertumbuhan janin pun juga ikut lancar.

Hindari Pemicu Mual

Mual dan muntah yang menjadi musuh utama saat hamil trimester pertama memang harus diwaspadai. Sobat Sehat dapat mencegahnya dengan menghindari berbagai hal yang dapat memicu muntah, seperti aroma rokok, aroma parfum, atau bahkan aroma keringat suaminya. Kenali dulu penyebab mualnya lalu pastikan untuk menghindarinya. Dengan demikian, Anda dapat mengendalikan morning sickness.

Jangan Sentuh Hewan

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saat hamil muda adalah menghindari kontak langsung dengan hewan-hewan tertentu. Mungkin Sobat Sehat memiliki peliharaan seperti kucing. Nah, selama hamil, pastikan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan kucing. Pastikan hewan peliharaan telah divaksinasi dan jangan mandikan sendiri atau menyentuh kotorannya agar tidak terinfeksi.

Mudah bukan? Nah, ibu hamil, mari kita menjaga kehamilan agar janin dapat berkembang dengan sempurna.


 Sumber: Doktersehat.com